Budaya

Ghea Panggabean, Dianugerahi Rekor Dunia Muri

Kudus, Dupanews.id – Perancang busana Ghea Panggabean  pekan lalu dianugerahi Rekor Dunia Muri kategori mahakarya kebudayaan. Ia bersukacita atas apresiasi itu setelah lebih dari 40 tahun berkarya lewat busana dari aneka kain wastra Nusantara.

Desainer kelahiran Rotterdam, Belanda, itu konsisten mengangkat kain jumputan, ikat,songket,lurik, sampai batik sehingga meningkatkan minat warga Indonesia dan mancanegara.

Ghea sudah mendapat banyak penghargaan, tetapi ia mencatat beberapa peristiwa mengesankan. Antara lain, saat karyanya dipajang di toko Harrods, London(2010) dan mendapat undangan dari Ratu Elizabeth untuk makan malam di Istana Buckingham pada Oktober 2012.Ia menyebut akhirnya mimpi menjadi ke-nyataan, 30-an tahun kemudian. ”Dulu waktumasih sekolah (mode) di London, hampir setiap hari lewat depan Harrods. Kapan, ya,karyaku dipajang di toko itu ? Senang sekali akhirnya mimpiku terwujud,” tuturnya.

Keinginan kedua, masuk Istana Buckingham dan bertemu dengan Ratu Elizabeth terwujud saat Presiden Susilo Bambang Yu-dhoyono berkunjung ke Inggris. ”Kenangan indah yang tak terlupakan,” kata Ghea.

Saat pandemi, ia tetap berkarya demi menafkahi penjahit dan karyawan lain.Awalnya membuat masker bergambar wayang. ”Sampai sekarang orang masih mencari masker itu sehingga kami masih terus membuatnya. Saya juga mulai membuat baju, dan memasarkan di butik dan lewat online. Anak-anakku -Amanda dan Janna, membantu memasarkan lewat online,” tutur perempuan yang masa kecilnya berada di Belanda dan Jerman ini. (Kps/sup)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button