Pendidikan

Wisata Religi Masin

Kudus,Dupanewsid– Hutan Masin di Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, bakal dikembangkan menjadi objek wisata alam, menyusul adanya kemudahan akses menuju lokasi tersebut.

“Saat ini, yang terkenal dari kawasan Hutan Masin adalah wisata religinya karena terdapat makam Raden Ayu Dewi Nawangsih dan Raden Bagus Rinangku”. Kata salah satu Juru Kunci

Lokasi makam berada di atas perbukitan di Desa Kandangmas. Di lokasi terlihat masih rimbun dengan pepohonan yang menjulang tinggi. Sesampai di lokasi pintu masuk makam, pengunjung harus berjalan kaki sejauh 200 meter untuk naik di perbukitan tempat makam Raden Ayu Dewi Nawangsih dan Raden Bagus Rinangku.

Salah satu juru kunci menuturkan di makam itu ada dua tokoh yang cukup dikenal oleh masyarakat luas. Kedua tokoh itu adalah Raden Ayu Dewi Nawangsih dan Raden Bagus Rinangku. Raden Ayu Dewi Nawangsih merupakan putri dari Sunan Muria. Sedangkan Raden Bagus Rinangku merupakan putra Sultan Agung dari Kerajaan Mataram.

“Di sini ada makam Raden Ayu Diah Nawangsih dan Raden Bagus Rena, dua makam saja. Kalau Raden Ayu Nawangsih ini adalah merupakan putra dari Sunan Muria, kalau Raden itu trah dari Kerajaan Mataram”.Ujarnya

Makam Keramat Masin sendiri, dibuka untuk umum pada Rabu, Kamis, dan Jumat saja. Selain hari itu, areal makam ditutup. Untuk hari Rabu dan Jumat, hanya sampai sore saja. Sementara untuk hari Kamis, sampai pukul 20.00 WIB.

“Makam ini dibuka untuk umum seminggu 3 kali yaitu rabu,kamis,jum’at. Peziarah menyakini bahwa ziarah kesini bisa melancarkan rizki,mendapatkan jodoh,dll”. Ucapnya

  Di sekitar makam sendiri, terdapat banyak sekali pohon jati yang usianya bisa mencapai ratusan tahun. Semuanya masih berdiri kokoh, namun beberapa pohon ada yang tumbang dan dibiarkan begitu saja di tepian.

   Ada satu mitos yang kini masih dipercaya oleh masyarakat setempat dan mereka yang kerap berkunjung ke Makam Keramat Masin. Yaitu untuk tidak membawa benda apapun dari areal makam ke luar makam.(atik)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button