BencanaKudus

Desa Wisata Wonosoco Dilanda Banjir Bandang

Kudus, Dupanews.id – Desa wisata Wonosoco Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus, Selasa ( 2/11/2021) sekitar pukul  15.00 WIB dilanda banjir bandang. Tdak ada kprban jiwa, Namun menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) , 19 rumah penduduk dan satu bangunan wisata rusak .

Dengan rincian : 10 rumah di RT 01 RW01), sebuah rumah di RT02 RW01, tiga rumah di  RT03 RW01, lima rumah di  RT04 RW01dan bangunan di  Sendang Dewot. Saat ini Petugas BPBD

Selain itu , banjir bandang yang juga bercampur lumpur tersebut sempat menerobos dan menggenangi  rumah serta pekarangan. Puluhan aparat BPBD, polisi, tentara, kecamatan, desa, relawan  turun tangan .Rumah warga yang tergenang lumpur disemprot air dengan selang air besar dan berkuatan tinggi, sehingga cepat teratasi.

Sedang penyebab utamanya curah hujan tinggi di seputar pegunungan Kendeng yang dalam kondisi  kurang terawat.Sebagian besar ditanami  tanaman semusim ( umumnya jagung), Nyaris tidak ada  pohon pohon besarnya, sehingga aliran air tidak tercenbdung/terserap.

Camat Undaan, Rifai yang dihubungi via telepon membenarkan terjadinya banjir bandang di Desa onosoco tersebut. “Data lengkapnya masih dalam proses, Namun yang pasti tidak ada korban manusia. Desa tersebut memang sering dilanda bencana alam. Khususnya banjir, banjir bandang dan angin ribut. Sebab berada di lereng pegunungan yang terjal. Lalu di seberang desa terdapat saluran  irigasi dan sungai, sehingga di musim hujan sering terisolir beberapa hari,” ujarnya.(Sup)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button