Bencana

Meletus Lagi Alam Kurdho di Blora

Blora, Dupanews.id – Pusat koordinasi (Posko)  siaga bencana Hidrometrologi dan Bencana lainnya , Pusat pengendalian operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blora, melaporkan terjadinya letusan kesongo (kurdho) Desa Gabusan Kecamatan Jati, Jumat (3/12/2021) pukul 08.00 WIB

Dengan durasi letusan  kurang dari 5 menit. Ketinggian letusan sekitar 5-15 meter,dan sekitar 2 hektar material yang dikeluarkan,tidak ada dampak ke warga,

Tidak ada korban jiwa maupun material. Sedang kondisi terkini sudah normal kembali-,tidak ada letupan.Kejadian tersebut merupakan yang ketiga kali dalam kurun waktu 2020- 2021.

Menurut SuaraBanyuurip.com – suara mirip dentuman meriam menghebohkan warga Desa Gabusan, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora Jawa Tengah, Selasa (28/9/2021). Suara tersebut berasal dari lentusan rawa Kesongo. 

 Letusan besar yang suaranya mirip dengan suara dentuman meriam tersebut sering dinamakan masyarakat setempat dengan istilah Kurdo. “Terjadi letusan atau kurdo kesongo tadi jam 7.10 WIB.posisi letusan di tengah atau keraton tengah. Durasinya kurang lebih 5 menit dengan ketinggian 10 meteran,” ucap Suranto, Perangkat Desa Gabusan.  

 Sedang menurut Matalensa Com- Pada hari Kamis  27 Agustus 2020 sekitar pukul 05.30 WIB di Dukuh Sucen  Desa. Gabusan Kecamatan . Jati Kabupaten Blora telah terjadi Peristiwa Alam Kurdo atau keluarnya lumpur dan gas beracun dari dalam tanah disertai dengan ledakan selama kurang lebih 10 menit. Hal tersebut mengakibatkan Warno (40) sempat menghirup asap belerang dan secepatnya dibawa berobat ke Puskesmas Doplang dan 10 ekor kerbau terkubur dalam lumpur .(Sup)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button