Pendidikan

Expo Perguruan Tinggi Bantu Siswa Gali Informasi Sesuai Minat dan Bakat

KUDUS, dupanews.id – Antusias pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat terlihat dalam Expo Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) Kabupaten Kudus selama 2 hari, 4-5 Januari di Aula Gedung JHK Kudus, Rabu, (4/1). Hadir membuka acara dalam kesempatan tersebut Bupati Kudus Hartopo didampingi Asisten Pemkesra, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala BKPP, Kepala Kemenag Kudus, perwakilan Forkopimda, dan undangan lainnya.

Bupati Hartopo menilai kegiatan yang diselenggarakan dapat menjembatani dan membuka akses yang luas bagi siswa dalam mencari informasi untuk memilih sekolah di perguruan tinggi sesuai minat dan bakatnya.

“Expo ini sangat bermanfaat sebagai informasi adik-adik kita dalam mencari sekolah lanjutan di perguruan tinggi sesuai minat dan bakatnya,” katanya.

Menurutnya, expo yang digelar juga dapat memberikan efisiensi waktu dan biaya dalam memperoleh informasi secara detail dan akurat, mengingat informasi yang didapatkan berasal secara langsung dari sumbernya.

“Informasi yang didapatkan juga lebih menghemat waktu dan biaya, selain itu pasti jelas dan akurat karena langsung dari sumbernya,” jelasnya.

Dirinya berharap para siswa dapat memanfaatkan momentum tersebut dengan baik guna memperoleh perguruan tinggi favoritnya.

“Manfaatkanlah kegiatan ini dengan menggali informasi yang mendalam agar bisa mempertimbangkan dengan matang perguruan tinggi mana yang akan dipilih nantinya,” pesannya.

Sementara itu, Ketua Panitia Expo Perguruan Tinggi Puji Rahayu mengatakan bahwa kegiatan yang diselenggarakan oleh MGBK Kabupaten Kudus menyasar pada siswa dari seluruh SMA, MA, dan SMK se-Kabupaten Kudus, dengan peserta expo yang terdiri dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri, dan Swasta dari Jawa Tengah, DI. Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Banten, dan sekitarnya.

“Sasaran kegiatan expo ini dari 83 SMA sederajat. Ada juga masyarakat umum, wali murid dan guru yang berjumlah 15.047 orang. Sementara peserta expo sebanyak 59 perguruan tinggi yang tersebar di Jawa,” terangnya.

Salah seorang siswa kelas XII dari SMA 1 Bae, M. Alfian Ainur Rouf sangat antusias mengikuti kegiatan expo yang diselenggarakan. Ia menuturkan dengan adanya expo ini lebih mempermudah dirinya memilih dan mendapatkan informasi dari perguruan tinggi yang diinginkan.

“Senang sekali adanya expo ini, saya dan teman-teman lebih mudah mendapatkan informasi dari perguruan tinggi yang diinginkan. Tentunya lebih menghemat waktu dan biaya,” ungkapnya. 

Siswa berprestasi tersebut tampaknya telah memantapkan diri memilih sebuah perguruan tinggi sesuai yang diinginkan, dirinya berharap dapat diterima di perguruan tinggi tersebut.

“Saya sudah memilih salah satu perguruan tinggi yang sesuai minat dan bakat saya, semoga bisa diterima,” tandasnya. (*

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button