KudusSosial

Rumah Pemotongan Hewan Ploso Diratakan Dengan Tanah

Kudus, Dupanews.id – Ibaratnya nasi sudah menjadi bubur. Itulah gambaran tentang telah digusurnya rumah pemotongan hewan (RPH) Ploso Kecamatan Jati Kabupaten Kudus, Menjadi sebuah bangunan modern milik Pemkab Kudus. Dalam hal ini Bank Pasar , yang sempat lama “bertempat” tinggal di komplek  bekas Stasiun Kereta Api Wergu Wetan. Juga belum diketahui secara pasti  bekas bangunan ini untuk apa.

            Namun yang pasti jagal senior Ali Mustain yang sudah puluhan tahun menjadi “tukang sembelih” hewan besar di RPH Ploso berpendapat , (RPH)  Ploso sebenarnya masih layak untuk dioperasikan, sehingga tidak perlu membangun RPH baru. Sebab RPH lama buatan- peninggalan Belanda 1928 tersebut  telah memiliki  sarana prasarana yang standar.

Lokasinya berdekatan dengan pasar- kurang dari dua kilometer, sehingga  mudah dipasarkan dan tidak banyak mengeluarkan biaya  transportasi. Seperti Pasar Anyar (Bitingan) hanya sekitar 100 meter, Pasar Jember sekitar 1,5 kilometer begitu pula Pasar Kliwon

 Juga berada di tepi sungai Gelis dan tepi jalan raya. Ada tempat pembuangan limbah, ada tempat penambatan ternak. Sayang lokasi penambatan ternak sebagian besar digusur untuk bangunan tempat penyembelihan ayam yang belum pernah dioperasikan . Lagi pula RPH Ploso sebenarnya sangat layak untuk ditetapkan sebagai cagar budaya, Namun nampaknya pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus “kelupaan”, sehingga dengan mudah RPH itu dieksekusi untuk diganti bangunan modern Bank Pasar.

Sebagai “kenang-kenangan”, kami tampilkan foto dokomentasi tentang RPH Ploso. Selain bangunan juga aktvitas saat menyembelih hewan besar (Sup)   

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button