PatiPemerintahan

Wujudkan Satu Data, Pemkab Pati Tandatangani Komitmen Bersama

Pati, Dupanews.id – “Penandatanganan ini merupakan langkah awal dan merupakan bentuk komitmen dalam mewujudkan satu data di Kabupaten Pati. Semua OPD harus membantu pengumpulan data ini, karena data yang lengkap dan akurat ini akan membantu kebijakan pembangunan pemerintah pusat dan daerah”. Tegas Bupati Pati, Haryanto yang menyaksikan Penandatanganan Komitmen Bersama Pelaksanaan Satu Data Kabupaten Pati di Ruang Peringgitan, Pendopo Kab. Pati. Senin 6 desember 2021. Selain Bupati, acara juga dihadiri oleh Wakil Bupati, Sekda, Kepala BPS Pati, Asisten dan Kepala OPD, serta camat se Kabupaten Pati.

Kepala Diskominfo, Indriyanto menambahkan bahwa “Penandatanganan kali ini diharapkan menjadi penyemangat bersama untuk lebih meningkatkan kinerja kita dibidang statistik. Kedepan akan diadakan pembinaan secara berkelanjutan dengan topik yang lebih teknis. Dengan harapan Satu Data Kabupaten Pati bisa terimplementasikan dengan baik dari semua lini. Terimakasih kami ucapkan untuk BPS Kabupaten Pati, seluruh semangat, support dan terus sinergi yang luar biasa antara BPS Kabupaten Pati dengan Jajaran Pemerintah Kabupaten Pati.”

Baca Juga : Diskominfo Pati ajak anak muda bijak bersosmed

Hadir sebagai Pembina Data Tingkat Daerah, Kepala BPS Pati, Anang Sarwono menyampaikan apresiasinya. “Perbup No 6 Tahun 2021 tentang Satu Data Indonesia Kabupaten Pati sebagai tindak lanjut Perpres 39 Tahun 2019 telah diterbitkan. Sangat membanggakan dengan diterbitkannya peraturan tersebut komitmen Bersama dalam mewujudkan satu data Kabupaten Pati semakin nyata. Dalam peraturan tersebut membagi peran dan tugas masing-masing Instansi.

Untuk itu, kita perlu terus menggaungkan peran Organisasi Perangkat Daerah dalam penyelenggaraan statistik sektoral. Sehingga semua akan berjalan sesuai dengan peran masing-masing. Misalnya, OPD dan Kecamatan akan menjadi produsen data sesuai dengan tugas dan fungsinya. Bappeda sebagai koordinator daerah. Selanjutnya, Diskominfo adalah walidata yang akan menjalankan peran dan fungsinya dan BPS sebagai Intansi Vertikal terus berupaya melakukan pembinaan statistik sektoral. Kolaborasi sudah ditunjukan dalam pelaksanaan Sensus Penduduk Tahun 2020 untuk mewujudkan satu data Kependudukan di Kabupaten Pati, imbuh Anang Sarwono.

Diskominfo Pati juga akan segera melaksanakan action nyata sebagai Wali Data Tingkat Daerah dengan cara segera berkoordinasi dan membina produsen data tingkat daerah.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button