Kudus

Optimis Tercapai, Target  Retribusi Parkir Terminal Bakalan Krapyak.

Kudus, Dupanews.id- Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kudus optimis, target retribusi parkir khusus di terminal wisata Bakalan Krapyak tahun anggaran 2022 dapat tercapai. Atas dasar pemasukan hingga akhir Agustus sudah mencapai 78 persen, sehingga tinggal 22 persen dan masih ada sisa waktu sekitar empat bulan. Sedang target yang ditetapkan pemerintah kabupaten (Pemkab) Kudus sebesar Rp 300 juta.

Hal itu diungkapkan Sekretaris dinas (Sekdin) Dishub Kudus, Putut Sri Kuncoro yang didampingi  Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Parkir dan Terminal , Wahyudi Eko Wuryanto di ruang kerjanya Rabu (7/9/2022). “Besaran capaian tersebut karena faktor utamanya jumlah pengunjung yang sebagian besar menumpang bus antar kota-antarprovinsi terus meningkat Selain juga ditunjang meningkatnya kinerja di kalangan dinas kami” tuturnya.

Pada 26 Mei 2022, Kepala Dishub Kudus, Catur Sulistiyanto kepada Antara menyatakan berencana mengusulkan kenaikan tarif retribusi parkir kendaraan di Terminal Wisata Bakalan Krapyak,sebesar 150 persen dari tarif sebelumnya hanya Rp10.000, menjadi Rp 25.000,-.”Itu tergolong paling murah dibanding tarif parkir  tempat wisata atau ziarah daerah lain,” ujarnya.

Dengan tarif parkir Rp 10.000,- per bus dan juga dipicu adanya pandemi Covid-19, maka selama dua tahun terakhir Dishub tidak mampu memenuhi target  retribusi Rp 300 juta per tahun.

Menurut Putut Sri Kuncoro, besaran tarif retribusi tersebut ditetapkan berdasarkan peraturan daerah (Perda) nomor 8 tahun 2011, tentang retribusi parkir khusus. Selain bus, retribusi juga diberlakukan untuk pengojek sebesar Rp 2.000,-/kendaraan. Dan kami juga memperoleh tambahan penghasilan dari retribusi sampah dan kebersihan. Meski relatif kecil” ujarnya.               

Sedang parkir khusus itu sendiri di Kudus  selain di terminal wisata Bakalan Krapayk, juga di Mal Ramayana,Pangkalan Truk Klaling, Pangkalan Truk Jati Wetan, Balai Jagong, dan eks Mal Matahari –seputar  Pasar Bitingan. .Tahun 2022 target retribusi parkis khusus ditetapkan Rp 818 juta.(Sup)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button