KesehatanKudus

Telor Ayam Ras Positif Bakteri Salmonela

Kudus, Dupanews.id – Menurut hasil penelitian Prof. Dr. Ir. Niken Ulupi, MS., dari Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor (IPB) , telur ayam egeri/ras/horn positif salmonella. Sebaliknya telur ayam kampung terbukti negatif salmonella. Setelah kedua jenis ayam tersebut disuntikkan bakteri salmonela dengan dosis yang sama Oleh karena itu.

Telur ayam ras yang rawan membawa bakteri salmonela di dalamnya lebih baik dimasak hingga matang sempurna. “Hasil penelitian saya di Bogor itu 3(tiga) persen preferensinya. Kalau dalam satu hari satu juta telur ayam ras diproduksi, ya tiga persennya itu peluang terkena salmonela. Tapi kalau ayam kampung benar-benar negatif,” ujarnya pada Kompas.com( 3/9/2020).

Baca Juga : Martabak Telor Puyuh di Menara Kudus, Berikut 10 Manfaat Untuk Kesehatan


Sedang menurut dr Patricia Lukas Goentoro, melalui Lika Aprilia Samiadi per ( 22/12/2020)
Salmonellosis adalah salah satu penyakit pada sistem pencernaan yang timbul akibat infeksi bakteri Salmonella di dalam usus. Bakteri ini adalah salah satu penyebab diare yang paling umum.


Dalam beberapa kasus, diare yang disebabkan Salmonella juga bisa menyebabkan dehidrasi, sehingga pasien membutuhkan penanganan medis sesegera mungkin.Bakteri Salmonella bisa saja mengalir di dalam darah. Bila terus berkembang dan sudah menyebar ke luar usus, infeksi ini dapat menimbulkan komplikasi yang mengancam jiwa.

Baca Juga : Jenang Kudus : Kelapa Dari Bali, Beras Ketan dari Jabar Pemasarannya Sampai Mancanegara


Lalu perbedaan lainnya : kandungan nutrisi dalam jumlah 80 gram sampai 100 gram telur ayam kampung mengandung nutrisi seperti energi 150 kalori, 13 protein, 10 gram lemak, dan 1,5 gram karbohidrat. Juga mengandung vitamin E lebih banyak dua kali lipat daripada telur ayam ras.


Sementara untuk ayam ras kandungan nutrisi dalam satu butir telur sekitar energi 150 kalori, 12.5 gram protein, 10 gram lemak, dan 1 gram karbohidrat. ayam ras juga berbeda. Begitu pula
dari sisi warna : Telur ayam kampung berwarna putih cenderung dan telur ayam ras berwarna kecoklatan. (Sup)
.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button