BudayaKudus

Bodo Kupat

Kudus, dupanews.id – Bodo Kupat menjadi istilah perayaan setelah enam hari berpuasa Syawal yaitu pada tanggal 8.

Puasa Syawal adalah puasa Sunnah yang sangat dianjurkan (mu’akkadah) dan dimulai dari tanggal 2-7 berturut-turut. Dengan demikian Bodo kupat adalah hari bergembiranya orang-orang yang telah selesai menunaikan puasa Syawal.

Rasulullah saw bersabda, “Barang siapa berpuasa Ramadhan kemudian dilanjutkan dengan enam hari dari Syawal, maka seperti pahala berpuasa setahun.” (HR Muslim).

Pada saat Bodo Kupat masyarakat banyak yang mengunjungi tempat-tempat wisata sekedar untuk berekreasi. Pantai Kartini Jepara menjadi salah satu destinasi yang paling banyak diminati masyarakat Kudus, Demak, dan Pati di samping tempat lain.

Di Kudus sendiri ada tempat keramaian yang dahulu banyak dikunjungi terutama oleh masyarakat kecil, yaitu Bulusan.

Bulusan adalah nama tempat yang paling ramai dikunjungi oleh masyarakat Kudus pada saat Bodo kupat. Sampai saat ini pun tempat tersebut masih menjadi pilihan kunjungan meski sudah tidak lagi seramai dahulu.

Nama Bulusan diambil dari kata bulus, yaitu hewan sejenis kura-kura yang berukuran cukup besar. Konon hewan ini hanya mau keluar ke permukaan air pada saat Bodo Kupat tiba.

Menurutku Bodo kupat merupakan kearifan lokal sebagai ajang untuk menggeliatkan kembali roda perekonomian masyarakat kecil pasca perayaan Idul Fitri.

Selamat Bodo Kupat 1443 H.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button