KudusPemerintahan

Rp 3 Miliar Pelebaran Jalan Peganjaran – Besito

Kudus, Dupanews.id – Terhitung sejak 26 Juli,  ruas jalan raya wilayah Desa Peganjaran- Besito Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Tepatnya dari perempatan lampu lalulintas (bangjo) Peganjaran hingga pertigaan jalan menuju Desa Jurang. Atau sudut komplek Sekolah Menengah Kejuruan (SMK Raden Umar Syaid) sepanjang sekitar tiga kilometer- dilebarkan ke arah kanan kiri  masing masing setengah meter.

Dijadwalkan  pelebaran jalan yang dibiayai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 3,4 miliar ini akan rampung 100 persen selama tiga bulan. Sedang yang menangani CV Mawar Merah.

Pada posisi Kamis siang (9/9/2021) pengerjaan baru sampai menjelang jalan ke a rah Desa Karangmalang/ sumur PDAM. Terlihat puluhan pekerja, sebuah alat berat untuk “menggali/mengeruk “ tanah dan sebuah dump truk- yang mengangkut hasil “galian” dari lokasi ke titik “pembuangan” di tepi jalan lingkar wilayah Desa Klumpit.

“ Benar tapi sifatnya sementara nanti akan kita ratakan-rapikan” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kudus Arif.

Sedang untuk sejumlah tanaman penghijauan/turus  jalan yang terpaksa  sebagian pohon, dahan dan rantingnya terkepras akibat pelebaran jalan tersebut, menurut Arif akan dikoordinasikan dengan pihak Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) selaku “pengelolanya”.

Dari pantauan Dupanews.id,  terkeprasnya tanaman penghijauan tersebut dikhawatirkan tanaman menjadi goyah dan bisa roboh saat terhenpas angin kencang. Selain itu perlu didesain ulang tentang ttik titik penanamannya, agar tidak tergusur ketika ada program pelebaran jalan.       Selain itu juga tidak saluran air di bagian kanan kiri jalan yang dilebarkan, sehingga di musim hujan rawan genangan.

Arif menambahkan, proses pengerjaan pelebaran jalan Peganjaran – Besito dipastikan sesuai prosedur dan diawasi cukup ketat, karena merupakan proyek DAK

Dana Alokasi Khusus (DAK), adalah dana yang bersumber dari pendapatan APBN yang dialokasikan kepada Daerah tertentu dengan tujuan. Untuk membantu mendanai kegiatan khusus yang merupakan urusan Daerah dan sesuai dengan prioritas nasional.(Sup)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button