Kudus

Tanpa Kirab Budaya, Hari Jadi Kota Kudus ke-473

Kudus, Dupanews.id – Rangkaian Hari Jadi Kota Kudus (HJKK) ke- 473 , tanpa ada kirab budaya. Dan hingga Jumat malam (9/9/2022) juga belum terlihat grengsengnya warga Kota Kretek untuk larut dalam menyambut HJKK ke-473 yang tahun ini jatuh pada Jumat (23/9/2022).  “Akan lebih meriah ketika masyarakat diikut-sertakan. Meski hanya terbatas “resik-resik”desa, pasang umbul umbul dan sebagainya..Seperti misalnya desa kami yang kebetulan berada di perbatasan dengan Desa Margorejo Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati,” tutur Khoriroh, pimpinan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Gondoharum Kecamatan Jekulo (Kudus).

                Desa Gondoharum, sekaligus juga merupakan pintu gerbang dari arah timur- Pati- Rembang- Tuban (Jawa Timur). Sehingga cukup beralasan jika gaung HJKK ini dimunculkan melalui berbagai atribut yang terpasang di sana. Sangat disayangkan, jika momentum HJKK terlewatkan begitu saja.” tambahnya.

            Kirab budaya dikenal sebagai arak arakan- yang diikuti unsur pemerintahan, masyarakat, pelajar-mahasiswa dan elemen lainnya. Dengan membawa-mengenakan atribut masing masing dan diiringi berbagai bentuk seni budaya hingga hasil karya-usahanya. Nyaris setiap tahun, kirab budaya selalu ditampilkan dalam rangkaian HJKK.

                Sedang rangkaian HJKK ke 473, diawali Jumat malam (9/9/2022) berupa Haul Akbar Al Khidmah dan Sabtu malam (10/9/2022)  pekan UMKM yang dipusatkan di Alun Alun Simpang Tujuh. Dan dilanjutkan pada Minggu (11/9/2022) Tour  de Moeria yang menurut rencana  akan dibuka Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.(Sup)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button