Kudus

Tinjau Hasil Betonisasi, Bupati Hartopo : TMMD Turut Percepat Pembangunan di Kudus

KUDUS, Dupanews.id – Sesuai dengan tema yang diusung yakni “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI”, Bupati Kudus Hartopo menyatakan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung III TA 2022 sukses dilaksanakan. Menurutnya, sasaran fisik dan non fisik TMMD telah tepat sasaran.

“Sasaran fisik dan non fisik yang sudah dilaksanakan memberikan manfaat bagi masyarakat. Salah satunya betonisasi ini,” ucapnya saat meresmikan jalan hasil betonisasi TMMD di Desa Terban, Jekulo, Rabu (9/11).

Hartopo bersama Forkopimda Kabupaten Kudus juga sempat menyapa masyarakat yang berada di wilayah betonisasi. Warga dengan antusias merespon sapaan bupati. Salah satu warga menyatakan bersyukur sekarang jalan depan rumahnya sudah bagus.

“Bu, jalan depan rumah sampun sae (sudah bagus) nggih,” sapa Hartopo

“Alhamdulillah Pak, matur nuwun sanget Pak Bupati kalih bapak-bapak tentara,” respon warga dengan sumringah.

Hartopo menerangkan kegiatan yang dilaksanakan TMMD sejak 11 Oktober sampai dengan 9 November itu  turut mempercepat pembangunan di Kabupaten Kudus. Ini bukti bahwa sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Kudus dengan Kodim 0722/Kudus berjalan dengan optimal.

“Program TMMD termasuk bentuk kolaborasi yang maksimal antara Pemkab Kudus dan Kodim 0722/Kudus,” terangnya.

Sasaran fisik berupa betonisasi jalan sepanjang 335 meter, dengan lebar 3 meter, dan tinggi 15 cm diapresiasi Hartopo karena rampung dengan maksimal. Sementara sasaran non fisik berupa penyuluhan yang telah dilaksanakan juga meningkatkan wawasan masyarakat. 

Penyuluhan yang dilaksanakan antara lain penyuluhan radikalisasi, terorisme, dan balatkom; KB-Kes dan pemberdayaan masyarakat. Kemudian penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan, pengembangan UMKM, kamtibmas dan narkoba, pertanian, desa tanggap bencana, pembinaan mental dan keagamaan, dan sosialisasi stunting. 

“Penyuluhan yang diberikan juga sesuai dengan program prioritas Pemkab Kudus. Seperti pencegahan stunting dan pengembangan UMKM untuk menstimulasi peningkatan ekonomi,” jelasnya. 

Tinjauan hasil betonisasi dilakukan usai Hartopo menjadi inspektur upacara dalam upacara penutupan TMMD di Lapangan Desa Terban. Kehadirannya di Desa Terban juga disambut tari Batok Barong oleh pelajar dari Desa Terban.

Salah satu penari, pelajar kelas 5 SD, Naza, mengungkapkan kebahagiaannya bisa tampil di depan Bupati Hartopo. Naza menyampaikan dirinya bersama teman-temannya telah berlatih tari Batok Barong sejak seminggu yang lalu.

“Deg-deg an, tapi senang bisa ketemu Pak Bupati,” ungkapnya. (*)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button