Budaya

Gedung Cagar Budaya Pati di fungsikan sebagai Kantor Dinas

Pati, Dupa NewsGedung Cagar Budaya karesidenan pati saat ini di fungsikan sebagai kantor dinas pendidikan wilayah 3 jawa tengah. Gedung tersebut berlokasi di jln panglima sudirman no.1 puri pati .

Bangunan tua ini dibangun pada kisaran tahun 1800M akhir. Yang saat itu di fungsikan sebagai rumah tinggal residence belanda untuk wilayah karesidenan pati.

Berbincang di Depan Gedung Karisidenan pati

Dahulu wilayah karesidenan pati ini mencakup Kabupaten Jepara, Kabupaten Kudus, Kabupaten pati sendiri, Kabupaten Rembang, Kabupaten Blora serta Kabupaten Tuban (yang kemudian pada periode 1900an bergabung dengan Karesidenan Bojonegoro).

baca juga : Hartopo Harapkan Semangat Pelaku UMKM Bangkitkan Geliat Ekonomi Dimasa Pandemi

Selain itu, bangunan ini juga tampak kokoh mirip istana dengan halaman luas dan danau yang ditanami bunga teratai merah. Beberapa pohon langka yang menjulang tinggi, sangat mendukung keangkuhan bangunan tersebut.

Bangunan Gedung karisedenan Pati

“Beberapa bangunan pendukung, juga berada di sekitar bangunan utama yang begitu luas mencerminkan bahwa dahulu bangunan Gedung Karesidenan Pati merupakan bangunan mirip istana kecil pada zamannya dan megah.

Foto2 di atas kami ambil sebelum beralih fungsi sebagai dinas Pendidikan karena saat ini tempat tersebut tidak diperkenankan untuk spot selpih selpih

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button