PemerintahanSosial

TPA Tanjungrejo Kudus Trapkan Control Landfill Taman Senilai Miliaran Rupiah Tak Berfungsi

Kudus, Dupanews.id – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Tanjungrejo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus mulai mentrapkan sistem Control Landfill (CL). Sistem ini digunakan untuk meminimalisasi dampak pencemaran, baik air, tanah, maupun udara, sehingga lebih ramah lingkungan .


Sedang sebuah taman yang ada di dalam komplek TPA yang dibangun mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kudus Sumiyatun dengan nilai puluhan miliar rupiah ini sudah beberapa tahun tidak berfungsi. Samasekali tidak dirawat.

sistem control landfill di TPA Tanjungrejo Jekulo
sistem control landfill di TPA Tanjungrejo Jekulo


Menurut Kepala TPA Tanjungrejo Bambang Purnomo Jumat (9/7/2021) sistem CL ini adalahi sampah yang ditumpuk , dipadatkan, dan ditimbun dengan tanah. Serta merupakan bagian dari sistem sanitasi perkotaan seiring dengan peningkatan jumlah penduduk dan produksi sampah rumah tangga dari masyarakat.


TPA Tanjungrejo sebenarnya sudah dinyatakan over load ( kelebihan beban) sejak pertengah tahun 2020 , Artinya sudah tidak mampu lagi menampung 130 ton sampah per hari, Juga sudah dilaporkan kepada Bupati maupun Ketua DPRD, tapi nyaris dibiarkan begitu saja- terlena Covid-19


Terakhir dijanjikan dalam perubahan APBD 2021 akan diagendakan agar memperoleh dana untuk pembelian tanah baru sebagai perluasan TPA. Itupun juga belum bisa dipastikan terpenuhi atau tidak Itu sebenarnya solisi terbaik
Maka Bambang pun berujar : Bantu doanya pak agar kami semua karyawan di tpa diberi kesehatan dan keselamatan serta mampu menata sampah dengan baik, sehingga tpa bisa bertahan lama.(Sup)

salah satu sudut dipatanjungrejo Foto Sup
salah satu sudut dipatanjungrejo Foto Sup

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button