Wisata Religi

Air Terjun Tempuran Wisata Eksotis Jepara

Jepara, dupanews.id – Panorama alam Indonesia tak perlu diragukan lagi. Banyak sekali tempat yang belum pernah dikunjungi banyak orang. Satu destinasi wisata yang ada di Jepara yakni Air Terjun (ATJ) Tempuran.

Air Terjun Tempuran ini terletak di Dukuh Tumut RT 01 RW 03 Desa Bungu Kecamatan Mayong Jepara, Jawa Tengah. Meski baru dibuka tahun kemarin namun tak sedikit pengunjung yang hadir. Desa Bungu sendiri adalah desa paling utara yang ada di Kecamatan Mayong. Daerahnya lebih banyak diliputi tebing dan pepohonan.

Ketinggian Air Terjun Tempuran kurang lebih 30 meter. Airnya sangat alami dan jernih. Ketika kita masuk kesana, disuguhkan air sungai yang mengalir dari ATJ.

Pemandangan sekitar Air Terjun Tempuran (Foto Lim)

Perjalanan ke tempat ATJ tak terlalu jauh dari tempat parkiran. Kira-kira 250 meter dengan jalan kaki. Pengunjung hanya dikenakan tarif Rp5.000/ motor.

Salah satu pengunjung, Ahsan Badrul mengatakan sudah kedua kalinya ia datang ke ATJ Tempuran. Waktu itu, airnya kurang begitu deras karena musim kemarau.

“Di musim hujan ini airnya sangat deras,” katanya pada Jumat (12/02/2021).

Ia berharap masyarakat setempat menjaga kebersihan agar hutan di air terjun tak tercemar. Selain itu, ATJ ini cocok untuk liburan dengan keluarga untuk mencari ketenangan.

“Perjalanan saya kesini tadi disuguhkan sawah hijau yang indah,” terang pengunjung dari Nalumsari itu.

Air-Terjun-Tempuran-Jepara-2
Air Terjun Tempuran Jepara (Foto Lim)

Muallim, pengunjung dari Mayong mengatakan ATJ ini jangan sampai dirusak oleh oknum. Kelestarian lingkungannya wajib dijaga dan dilindungi satwa liar yang masih hidup. Selain itu, karena akses jalannya tidak bisa dilewati motor, ia menyarankan agar tetap seperti itu. Alasannya jika terlalu sering, kealamiannya berkurang.

“Ini menjadi PR bagi masyarakat setempat,” katanya.

Walaupun begitu, ia begitu senang menikmati ATJ Tempuran. Tempatnya asyik dan dingin airnya. (Lim)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button