Nasional

Sirkuit Mandalika

NTB, Dupanews.id – Presiden Jokowi , Jumat (12/11/2021)mengunjungi Sirkuit Mandalika, di Lombok  Nusa Tenggara Barat (NTB). Dengan  didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri BUMN Erick Thohir,  Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, sejumlah menteri, ketua MPR serta Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia.

Dan Jokowi pun menggeber motornya di lintasan balapan level dunia tersebut. Orang nomor satu Indonesia itu, menjajalnya dengan motor custom warna hijau garapan Katros Garage.
“Saya kira banyak tikungan yang tajam sekali, di sini kan ada 17 titik tikungan yang saya kira semuanya sulit untuk saya,” kata Jokowi dalam keterangan tertulis, Jumat (12/11/2021).

“Sirkuit Mandalika dengan panjang sirkuit 4,3 kilometer, dengan teknologi aspal terbaru, stone mastic asphalt (SMA), juga telah selesai dibangun dan siap untuk digunakan. Semuanya siap digunakan untuk mendukung penyelenggaraan event-event kelas dunia di Kawasan Mandalika ini seperti yang sebentar lagi akan diselenggarakan yaitu World Superbike 2021 dan dilanjutkan nantinya di bulan Maret 2022 dengan MotoGP,” kata Jokowi.

Nama Resmi Sirkuit Mandalika : Pertamina Mandalika International Street Circuit. Penamaan Sirkuit Mandalika ini dilakukan melalui Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Sponsorship dan Peluncuran Nama Resmi Sirkui Balap Internasional Mandalika di Jakarta, Kamis (07/10/2021).

 Ukuran Sirkuit Mandalika : Mengutip dari situs resmi WSBK, Pertamina Mandalika International Street Circuit dirancang sepanjang 4,3 kilometer atau 4.300 meter. Jumlah tikungan di Sirkuit Mandalika mencapai 17, dengan 11 mengarah ke kanan dan 6 lainnya mengarah ke kiri.

Kapasitas Sirkuit Mandalika :Sirkuit Mandalika dapat menampung 150.000 hingga 200.000 orang. Dalam masa pandemi Covid-19, pihak pengelola hanya menyediakan hingga 75.000 kursi di grandstand dan 138.000 area berdiri di Sirkuit Mandalika. Namun karena dibangun di atas lahan hampir 100 hektar, ada banyak tempat terbuka. Sehingga ini dapat menjadi kesempatan untuk mendatangkan lebih banyak penonton di masa depan.

Sirkuit Mandalika Masuk Kalender Sementara MotoGP : Sirkuit Mandalika juga masuk dalam kalender sementara MotoGP 2022. Dikutip dari situs resmi MotoGP, Sirkuit Mandalika itu bakal jadi venue balapan GP Indonesia.

Rencananya balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika akan digelar pada 20 Maret 2022, atau beberapa pekan setelah seri pembuka di Qatar pada 6 Maret. Selain masuk dalam kalender sementara, Sirkuit Mandalika juga akan menjadi lokasi tes pramusim MotoGP.Berdasarkan jadwal yang dikeluarkan oleh pihak MotoGP, Sirkuit Mandalika akan menjadi lokasi tes pramusim pada 11-13 Februari 2022.

Sirkuit Mandalika Dapat Tiga Rekor Muri : Sirkuit Mandalika mendapatkan tiga rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), yakni pengaspalan menggunakan teknologi building information modelling (BIM) dengan volume terbanyak. Kemudian, pembangunan sirkuit pertama standar Federation Internationale de Motorcyclisme (FIM), dan yang ketiga yaitu lintasan sirkuit tercepat.(Sup)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button