KudusSosial

Mawar Hartopo Memacu PKK Desa Atasi Isu Kesehatan Keluarga  

KUDUS, dupanews.id – Tim Penggerak (TP) PKK Desa memiliki posisi yang paling dekat dengan masyarakat. Artinya, pengurus dan kader di desa menjadi yang paling mengerti permasalahan yang terjadi, utamanya isu kesehatan. Hal tersebut menjadikan PKK Desa memiliki peran strategis untuk ikut serta dalam menjaga kesehatan masyarakat serta menyukseskan pembangunan desa. 

Itulah kutipan sambutan yang disampaikan Ketua TP PKK Kabupaten Kudus, Mawar Hartopo dalam pelantikan Ketua TP PKK Desa Loram Kulon di Aula Balai Desa, Selasa (14/6). Siti Haryanti dilantik sebagai Ketua TP PKK Desa Loram Kulon periode 2022-2028 oleh Ketua TP PKK Kecamatan Jati, Mahayu Fiza Akbar. Prosesi pelantikan disaksikan langsung oleh Camat Jati Fiza Akbar dan Kepala Desa Loram Kulon, Taslim yang telah dilantik. 

Ucapan selamat disampaikan kepada Ketua TP PKK Desa Loram Kulon yang baru. Mawar Hartopo berpesan agar amanah tersebut dijalankan dengan sebaik-baiknya. Agar pelaksanaan sepuluh program pokok dapat maksimal, PKK Desa diminta untuk tak segan untuk merangkul organisasi-organisasi desa. 

“Selamat menjalankan amanah dan bisa mengangkat potensi desa Loram Kulon, hasilkan inovasi dengan kolaborasi organisasi-organisasi desa,” pesannya. 

Tak kalah pentingnya, Mawar Hartopo juga menyinggung tentang isu-isu kesehatan keluarga. Dirinya mengungkapkan bahwa beberapa waktu lalu di beberapa wilayah terdapat kasus kematian ibu pasca melahirkan. Kejadian tersebut menjadi keprihatinan bersama yang memerlukan tindakan pencegahan supaya tidak terulang kembali. 

“Dengan adanya kasus kematian ibu di beberapa wilayah, saya titip pesan untuk PKK selalu menggandeng bidan desa untuk cek kesehatan ibu-ibu hamil. Karena usia muda tidak menutup kemungkinan punya resiko-resiko kesehatan,” ujarnya. 

Bagi Mawar Hartopo tugas sebagai penggerak PKK adalah semata-mata untuk membantu sesama melalui kegiatan sosial. Maka dari itu, seluruh pengurus dan kader harus meluruskan niat untuk mencari amal kebaikan. Karena tidak ada yang bisa membalas jasa Ketua TP PKK Desa yang lama, kecuali Tuhan yang maha esa.

“Kepada ketua lama terima kasih dan saya sampaikan penghargaan setinggi-tingginya atas pengabdian tulus ikhlas semoga menjadi amal perbuatan yang baik,” tuturnya. 

Semantara itu, Ketua TP PKK Desa Loram Kulon, Siti Haryanti dalam sumpah pelantikan mengucapkan siap mengemban tugas untuk melaksanakan program PKK Desa. Dia yang mendamping masa jabatan suami akan turut serta menyukseskan pembangunan desa melalui peningkatan kesejahteraan keluarga. 

“Melaksanakan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab, sehingga PKK Desa turut serta menyukseskan pembangunan,” ucapnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button