KudusPendidikan

Bupati Hartopo : Perpustakaan Sebagai Sarana Menambah Wawasan Dan Mendorong Semangat Literasi

KUDUS, Dupanews.id – Buku adalah jendela dunia, pepatah tersebut memiliki makna betapa pentingnya pengetahuan dan wawasan yang harus dimiliki dari membaca dan memahami isi sebuah buku. Hal tersebut mencoba diwujudkan oleh SMP 1 Kaliwungu Kudus untuk meningkatkan ilmu pengetahuan siswanya, dengan meresmikan sebuah Perpustakaan ‘Taman Pintar’ sebagai pusat menambah ilmu pengetahuan.

Peresmian Perpustakaan tersebut merupakan puncak dari HUT ke-42 SMP 1 Kaliwungu Kudus. Turut hadir dalam peresmian tersebut, Bupati Kudus H.M. Hartopo, Kepala OPD terkait, Unsur Forkopimcam Kaliwungu, dan tamu undangan lainnya, Senin (15/8).

Bupati Hartopo mengucapkan selamat atas peresmian Perpustakaan yang dimiliki SMP 1 Kaliwungu Kudus sebagai bagian dari rangkaian hari jadi sekolah tersebut.

“Alhamdulillah kita dapat hadir dalam acara peresmian Perpustakaan Taman Pintar SMP 1 Kaliwungu Kudus yang merupakan puncak acara HUT ke-42 SMP 1 Kaliwungu Kudus. Selamat, semoga makin maju dan tambah sukses,” ucapnya.

Hartopo berharap, perpustakaan taman pintar yang Ia resmikan dapat dimanfaatkan untuk sarana menambah ilmu dan wawasan serta mendorong semangat literasi bagi siswa-siswi.

“Perpustaakaan Taman Pintar ini semoga dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk menumbuhkan minat baca, memperkaya wawasan, dan mendorong semangat literasi. Dengan penguatan literasi, harapannya kualitas pendidikan pun akan meningkat. Siswa lebih berprestasi dan sekolah pun akan semakin maju dan berkualitas,” ungkapnya.

Hartopo juga memberikan apresiasinya terhadap kondisi perpustakaan yang menurutnya sangat berkualitas. Dirinya juga meminta penyediaan SDM yang mumpuni dalam pelayanan perpustakaan.

“Apresiasi sekali dengan perpustakaanya, sangat bagus sekali, paling nyaman dan tempatnya sudah tertata rapi. Harus disediakan SDM yang mumpuni, baik segi pelayanan maupun penyediaan buku sebagai kurikulum yang ada, harus selalu update dan upgrade materi pembelajaran,” katanya.

Dengan kondisi yang nyaman dan didukung materi pembelajaran yang ter-update, harapanya bisa meningkatkan minat baca dan kualitas anak-anak dalam meningkatkan wawasan dan pengetahuan. 

“Untuk itu, saya berharap ke depan koleksinya semakin ditambah, dan pelayanan pun semakin dimaksimalkan. Hal ini agar pengunjung semakin betah layaknya berada di sebuah taman yang nyaman,” pintanya.

Terakhir, Hartopo meminta pada seluruh sekolah di Kudus untuk menjadikan Perpustakaan Taman Pintar sebagai pilot project, karena menurutnya perpustakaan tersebut menyuguhkan inovasi yang perlu ditiru oleh perpustakaan lainya.

“Perpustakaan ini bisa sebagai pilot project untuk sekolah lain. Disdikpora harus dapat mengimbau pada teman-teman Kepsek untuk studi banding disini. Ada inovasi di perpustakaan yang disuguhkan berbeda dengan lainya. Utamanya kenyamanan yang disajikan harus ditiru agar siswa dapat betah di perpustakaan,” pungkasnya. 

Sementara itu, Abdullah Nur, Kepala Sekolah SMP 1 Kaliwungu Kudus berterimakasih atas kehadiran Bupati Kudus untuk meresmikan Perpustakaan Taman Pintar di sekolah yang ia pimpin.

“Terimaksih atas kehadiran Bupati Kudus dan jajaran yang berkenan untuk meresmikan dan meninjau perpustakaan milik sekolah kami. Semoga dapat digunakan secara maksimal keberadaanya,” ucapnya.

Dalam mengemban tugas untuk mencerdaskan anak bangsa, SMP 1 Kaliwungu Kudus memiliki Moto yang menjadi semangat kerja dalam mendidik siswa-siswi, yakni Cerdas dan Berkualitas.

“Cerdas, kami harapkan anak didik kami memiliki pola pikir yang aktif, kreatif dan bermanfaat. Sedangkan berkualitas diharapkan menjadi kekuatan unggulan, idaman, dan harapan untuk memiliki akhlak mulia, semangat literasi, dan 

memiliki kekuatan di bidang teknologi. Serta memiliki kekuatan akademis dan non akademis,” jelasnya. (*)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button