Kesehatan

3 keistimewaan puasa Ramadhan tahun ini

Dupanews.id – Puasa ramadhan tahun ini tidak jauh berbeda dengan bulan Ramadhan tahun kemarin. Pandemi covid-19 yang masih melanda dunia membuat sebagian masyarakat harus menunda perayaan-perayaan yang mengundang kerumunan.

Tahun ini, tahun kedua puasa Ramadhan didampingi dengan covid-19. Masyarakat muslim yang menjalankan puasa harus puasa dari banyak hal. Itulah yang menjadikan puasa tahun ini sangat istimewa.

Selain kewajiban berpuasa secara dhahir, dengan menahan makan dan minum selama seharian penuh, orang-orang yang berpuasa setidaknya harus berpuasa pula dari tiga hal berikut.

Pertama, berpuasa dari kerumunan. Mengingat pandemi covid-19 masih mengancam, kita tetap diharuskan untuk waspada, dengan berpuasa dari kerumunan, mencegah diri untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang menghadirkan banyak orang. Tidak hanya itu, kita juga diharuskan tetap menjaga jarak, dan senantiasa mencuci tangan sesuai anjuran pemerintah.

Kedua, anjuran tidak berkerumun juga membuat kita berpuasa dari tegur sama dengan keluarga dan teman-teman. Biasanya ketika musim ramadhan banyak acara ngabuburit dan buka bersama, tahun ini kita harus mampu menahan kangen untuk bertegur sapa. Sehingga kita juga berpuasa temu, berpuasa rindu.

Ketiga, kita akan diuji dengan berpuasa dari hp dan media sosial yang bisa merusak pahala puasa kita. Maka ketika sedang berpuasa kita harus mampu menahan hawa nafsu kita -tidak hanya menahan lapar dan haus- melainkan juga menahan dari penggunaan sosial media yang berlebihan. Dalam hal ini seperti membuang waktu untuk scroll Instagram atau tiktok, melihat tontonan yang tidak wajar, menimbulkan pertikaian di sosmed, menghujat orang lain, menyebarkan keburukan orang, dan lain sebagainya.

Maka, ketika kita dapat berpuasa dari tiga hal tersebut, kita akan melaksanakan puasa yang sebenar-benarnya puasa. Berpuasa secara utuh dan komprehensif, serta mengimplementasikan puasa tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Marilah kita tingkatkan kualitas keimanan kita dengan mengistiqomahkan berpuasa secara bersungguh-sungguh. Dengan begitu, semoga kita dapat mencapai derajat muslim yang taqwa dan moderat. Aamiin.(Hs)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button