EkonomiKudus

Abu Bakar “Panen “ Ayam Potong Pejantan

Kudus, Dupanews.id – Abu Bakar Ali, Senin malam (15/11/2021) mulai memanen  240 ekor ayam potong pejantan (APP) dengan nilai  jual hampir Rp 7 juta. Sedang sisanya sebanyak 460 ekor akan dipanen sekitar lima hari ke depan. “ Totalnya saya akan memperoleh hasil penjualan penjualan Rp 19 – 20 juta. Sedang biaya pembelian bibit ayam dan lainnya sekitar Rp 12,5 juta. Jadi dalam kurun waktu 70 hari, saya akan dapat  penghasilan sekitar Rp 7 juta. “ tuturnya saat dihubungi Dupanews, Selasa malam ( 16/11/2021).

Pria berbadan gemuk yang tinggal di Desa Klumpit Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus ini tergolong peternak APP pemula. Dengan modal berupa 700 ekor ekor  Day Old Chicken (DOC ) atau  ayam yang baru saja menetas dan baru berumur 1 hari. Dan membangun sebuah kandang yang berlokasi di dekat rumah saudaranya. “ Minimal setiap pagi dan sore, saya harus ke kandang untuk memberi makan dan minum APP. Alhamdulilah tidak ada seekor pun yang mati. Pertumbuhan normal.  Saya juga terbantu dengan adanya kenaikkan harga APP dari Rp 28.000 menjadi Rp 33.000

 per kilogram. Saya berencana untuk menambah memelihara APP menjadi sekitar 1.000 – 1500 ekor,” tambahnya.

Bisnis  ayam potong pejantan (APP) di Kabupaten Kudus mulai merebak. Meski masih terbatas pada skala kecil hingga menengah. Setelah para bakul, pemilik warung makan hingga konsumen, sudah membuktikan  APP memiliki tekstur daging yang berisi, padat, rendah lemak dan lebih legit.  Kini APP boleh jadi sebagai alternatif pengganti ayam kampung.

APP tergolong ayam ras, namun jenisnya beda ( jantan) dan semula merupakan ayam afkiran ( buangan- malah dimusnahkan). Sebab yang dibutuhkan peternak adalah ayam betina yang bisa dimanfaatkan telurnya (petelur) dan dagingnya ( pedaging).

Dengan mengkomsumsi ayam kampung dan  atau APP maka manfaatnya antara lain : menguatkan otot dan tulang.Protein tanpa lemak dalam ayam merupakan sumber asam amino yang sangat baik..

Selain protein, ayam kaya akan beberapa mineral seperti fosfor dan kalsium, yang membantu menjaga kesehatan tulang. Selain itu, daging ayam memiliki selenium yang telah diketahui dapat mengurangi risiko radang sendi.(Sup)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button