Kudus

Rp 6 Miliar DBHCHT Untuk Sosialisasi di 60 Titik

Kudus, Dupanews.id – Tersedia dana segar sebesar Rp 6 miliar di Perubahan Anggaran Pembangunan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kudus 2021 untuk sosialisasi  tentang cukai rokok- rokok illegal yang mencakup di 60 titik (tempat). Dengan pengguna anggaran Dinas Komunikasi Informasi (Kominfo) setempat dan sumber biaya dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT).

Sosialisasi dilakukan Bupati Kudus, Hartopo yang biasanya disertai anggota Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkompimda)dan menyasar ke Balai Desa.  Rata rata warga yang hadir maksimal 50 orang dan semuanya hanya memperoleh “fasilitas” hidangan.  Umumnya hidangan yang tersaji hanya biasa saja.

Diduga anggaran tersebut terlalu besar dan juga yang dipertanyakan apakah bupati dan anggota Forkompimda tersebut memperoleh honor setiap kali melakukan sosialisasi.

Dengan asumsi dana tersebut utuh Rp 6 miliar dan digunakan untuk membiayai 60 titik(lokasi). Maka satu titik – satu kali sosialisasi menghabiskan biaya Rp 6 miliar dibagi 60 titik, atau sekitar Rp 100 juta. “Kami dapat hidangan seperti minuman dan makanan kecil lainnya. Nilainya paling tinggi Rp 3.000 – Rp 5.000/orang,” tutur sejumlah warga desa yang sempat ikut sosialisasi

Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Kudus, Eko Djumartono yang dihubungi  Kamis ( 16/12/2021) membenarkan adanya kegiatan sosialisasi dari DBHCHT. “Besaran anggaran dan lokasi kami ceknya. Tapi  monggo lebih detail kegiatannya konfirmasi ke Dinas Kominfo,” ujarnya.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Kominfo Kudus, yang dihubungi via WA  Kamis (16/12/2021) pukul 15.36 WIB, hingga berita ini ditulis belum/tidak memberikan jawaban-merespon samasekali.

Kabupaten Kudus maupun kabupaten/kota di Indonesia menerima DBHCHT sejak lebih dari 11 tahun lalu. Khusus untuk anggaran sosialisasi diduga sejak awal hingga sekarang tidak pernah dilakukan secara terbuka. Sehingga selalu memunculkan pertanyaan dari banyak pihak.(Sup)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button