SosialWisata Religi

Sangkal Putung Tempat Wisata, Bukan Patah Tulang

Kudus, Dupanews.id – Namanya Mbalong Wisata Sangkal Putung. Pengertian wong jawa,sangkal putung itu biasanya tempat pengobatan alternative- tradisional yang menyangkut patah tulang. Banyak “ahli” sangkal putung di Kudus.

Namun Mbalong Wisata Sangkal Putung ( MW Sangkal Putung) yang terletak di wilayah Desa Kesambi, perbatasan dengan Desa Jojo Kecamatan Mejobo ini ternyata tempat wisata.  Meski belum diresmikan, tapi sampai dengan Rabu sore (17/3/2021) sudah lumayan banyak warga yang berdatangan.

Baca juga : Sepi, Obyek Wisata Desa Wonosoco

Sejumlah pedagang kaki lima (PKL) sudah mulai berjualan. Sedangkan sejumlah bangunan semi permanen. yang berada di sisi kanan ( selatan) arah Desa Kesambi telah dan sedang dibangun.

Bermunculan warung di tepi jalan seputar MW Sangkal Putung (Foto Sup)

Menurut Kepala Desa Kesambi , Masri,  luas MW Sangkal Putung luasnya sekutar tiga hektar. Tergolong lahan yang kurang produktif, karena setiap musim penghujan nyaris tergenang banjir. Dengan berubah fungsinya lahan menjadi tempat wisata diharapkan menjadi sumber penghasilan baru bagi sejumlah warga desanya.

Saat ini menurut dia masih dalam proses pembangunan, Akan dilengkapi dengan tempat untuk berfoto dan memancing. Yang ada sekarang baru sebatas “perahu becak” yang ada di dalam areal MW Sangkal Putung . Lalu ada sebuah perahu/sampan berbendera merah putih  yang tengah “parkir” di sungai terdekat.

Wisata perahu di Mbalong Sangkal Putung (foto Sup)

Komplek MW Sangkal Putung itu sendiri menghadap kea rah jalan “raya” desa Kesambi – Jojo. Di sudut  kanan depan terdapat sebatang pohon besar, tinggi dan berdaun lebat. Sedang di pojok  kiri depan terdapat bangunan baru  (mushola belum 100 persen rampung).

Di depan komplek ada sungai kecil yang dipenuhi tanaman enceng gondok. Sebagian diantaranya sudah dijadikan tempat untuk parkir kendaraan. Sedang persis di tengah  dibuatkan jembatan kecil dari bambu yang dibuat sedikit melengkung.

Konon menurut warga desa Kesambi maupun desa Jojo, seputar lokasi MW Sangkal Putung dikenal angker. Sejak adanya pembangunan tempat wisata baru ini ada sejumlah warga Kesambi yang kesurupan.

Baca Juga : Tino, Calon Dalang Cilik Dari Wonosoco

Percaya atau hal itu benar atau tidak monggo . Namun yang pasti bila pagi hari dan menjelang sore hari lokasi yang kiri kanannya sawah sungai kecil , dalam kondisi cuaca normal (tidak turun hujan, berawan) cukup baik untuk “menikmati” suasana pedesaan yang khas. Di kejauhan (arah utara) juga nampak Gunung Muria yang tingginya 1.602 – 1.605 meter ini, Lokasinya bisa ditempuh, depan pasar Brayung- sebelum jembatan belok ke kanan (dari arah pasar), mentok, belok kiri, mentok tanggul sungai, susuri tanggaul sungai ini hingga jembatan ke 10 ( termasuk jembatan jembatan kecil). Lalu berbelok ke kiri melewati jalan desa sejauh beberapa ratus meter. Juga bisa ditempuh melalui Desa Jojo.(Sup)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button