KesehatanKudusSosial

Maksimalkan Isolasi Tingkat Desa

KUDUS, dupanews.id – dalam rangka memaksimalkan penanganan kasus Covid-19, pemkab Kudus memaksimalkan penanganan warga yang melaksanakan isolasi mandiri. Kali ini, Hartopo meninjau kesiapan tempat isolasi di Balai Diklat Sonyawarih di Desa Menawan, Kecamatan Gebog, Kamis (17/6).

Balai Diklat ini sementara berkapasitas 76 orang. Setiap ruangan ditempati dua orang. Pada saat meninjau, Hartopo menyatakan bangunan dan fasilitas telah layak huni oleh warga yang melaksanakan isolasi. Pihaknya meminta agar pemerintah desa segera memusatkan masyarakat yang isolasi mandiri ke tempat tersebut.

“Sudah sesuai ya sarana prasarananya. Balai Diklat Sonyawarih sudah layak huni. Mohon untuk mengevakuasi warga yang masih berada di rumahnya masing-masing,” pintanya.

Selain itu, Hartopo juga meminta agar kepala desa memaksimalkan peran Satgas Jogo Tonggo. Peran Jogo Tonggo diharapkan efektif sehingga dapat memudahkan tenaga medis melakukan testing, tracing, dan treatment.
Dengan begitu, masyarakat yang terpapar dapat terpantau dengan maksimal.

“Kalau ada yang isolasi mandiri langsung dipusatkan ke Balai Diklat sini,” ujarnya.

Hartopo terus menyemangati para kepala desa untuk penanganan warga yang melaksanakan isolasi. Orang nomor satu di Kudus itu tidak ingin warga yang melaksanakan isolasi mandiri dibawa ke luar kota.

“Kami optimis tempat isolasi di tingkat desa mampu berjalan dengan baik dengan melibatkan tenaga kesehatan puskesmas dan bidan desa,” pungkasnya. (Hs)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button