KudusSejarah

Mengintip Sejarah Petilasan Den Ayu Sunti

Kudus, Dupanews.id – Sendang Jodo adalah salah satu diantara banyaknya objek wisata alam yang berada di kabupaten Kudus. Sendang Jodo berwujud mata air yang memancarkan air tak henti-henti. Suasana di sekitarnya sangat kuyup hijaunya pepohonan, karena lokasi dari Sendang Jodo sesungguhnya masuk kedalam kawasan lereng Gunung Muria tepatnya di Dukuh Jambean Desa Purworejo Bae Kudus.

Sendang Jodo ini mungkin belum terlalu familiar ditelinga masyarakat umum karena sudah dipenuhi dengan berbagai mitos yang berkembang dimasyarakat setempat. Tempat ini di keramatkan oleh masyarakat setempatnya lantaran dipercaya pernah menjadi tempat pemandian & Petilasan Den Ayu Sunti (Den Ayu Tarwiyah) yang konon kata masyarakat desa tersebut ialah “Putri yang sangat cantik dari salah satu Kerajaan”.

“Sendang ini pernah dipakai mandi oleh bidadari dari kayangan” Kata Ibu Maulida (tetangga setempat). Dan Ditempat ini pun terdapat sebuah sendang atau kolam yang dikelilingi pepohonan yang rimbun, disamping sendang dibangun sebuah ruangan sempit yang didalamnya terdapat Patung seorang Bidadari, “hanya orang-orang tertentu saja yang diperbolehkan memasuki ruangan itu” Tambahannya.

“Namun sekarang Sendang Jodo sudah tidak se-eksis yang dulu, yang mana dulunya ramai untuk berwisata, mandi dan ritual-ritual” Tuturnya. Sekarang sudah tidak ada pengunjung yang datang karena sudah tidak ada penjagaan-penjagaan khusus, bahkan dari pihak masyarakat setempat tidak menjaga kelestarian lingkungannya. Tempatnya yang kotor dipenuhi gugurnya dedaunan dan ranting pohon menjadikan suasana Sendang Jodo ini menjadi bernuansa sangat mistis.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button