Budaya

Keramik Vietnam Bagian Cagar Budaya

Kudus, Dupanews – Sebuah keramik yang menghiasi gapura paduraksa – salah satu gapura kembar di komplek Menara Masjid Makam Sunan Kudus. Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) memang asli buatan Vietnam. Dan juga telah ditemukan di berbagai kota/kabupaten di Indomesia ( di darat maupun di laut). Itu merupakan bagian dari cagar budaya.

Keramik memiliki sejarah panjang dalam perjalanan dan tidak terlepas dari interaksi bangsa asing dengan penduduk lokal (Indonesia). Melalui perdagangan , upeti , bawaan  tim ekspedisi, peziarah atau peranatau yang kemudian menetap di Indonesia.

Pada zaman kerajaan  Majapahit, selain keramik Cina (Yuan), banyak pula yang berasal dari Vietnam dan Thailand. Bahkan data arkeologis menunjukkan adanya pesanan khusus berupa hiasan dinding keramik Vietnam biru-putih underglaze .

Baca Juga : Granit India di Jalan Menara Sunan Kudus, Selalu Rusak, Biaya Pembangunan Rp 9 miliar

Keramik Vietnam merupakan keramik asing kedua terbanyak di Indonesia setelah Cina. Salah satu situs yang mengandung keramik Vietnam terbanyak adalah Situs Trowulan (abad 14 – 15 ). Serta beberapa situs di wilayah Sulawesi Selatan.

Sedang sejarah, dokumen  dan perkembangan keramik  porselen khas Vietnam, menurut Radio Suara Vietnam Indonesia  telah muncul di Vietnam puluhan ribu tahun lalu.

Tepatnya pada Dinasti Ly dan Dinasti Tran (1009- 1400). Pusat-pusat produksi barang keramik dan porselen yang dibentuk pada Dinasti Ly dan Dinasti Tran yang sampai sekarang  tetap dipertahankan  dan dikembangkan .

Seperti di desa kerajinan Bát Tràng ( kota Hnaoi), Thổ Hà, Phù Lãng ( propinsi Bắc Ninh), Hương Canh ( propinsi Vĩnh Phúc), Chum Thanh (propinsi Thanh Hóa) dan lain- lain…

Baca Juga : Keramik Kuno di Gapura Kembar Menara Asli Dari Vietnam Abad 14, Diminati Kurator Jepang

Setiap desa kerajinan di Vietnam mempunyai ciri  khas sendiri. Dari  Bat Trang dengan motif-motif yang dilukiskan  secara manual dan bergaris lembut, dan barangnya berbobot ringan.

Lau di  Chu Dau ( propinsi Hai Duong) juga dibuat dengan motif dan ukiran secara manual, akan tetapi garis-garisnya lukisnya lebih kasar, tebal dan berat…

Barang-barang keramik dan porselen . Seperti  teko,cangkir, gelas, vas bunga , mangkok, piring… sampai barang-barang hiasan . Seperti  vas bunga, patung keramik, lukisan porselen dan lain-lain hampir selalu tampak di perumahan warga Vietnam

`Sedangkan ciri umum: keramiknVietnam : adalah tanda bulatan berwarna coklat keemerahan yang menutupi sebagian atau seluruh bagian permukaan luar dari dasar wadah..

Lalu bahan dasar keramik dari jenis kaolin berwarna putih kusam/ kotor yang memiliki partikel kasar dengan tekstur yang kurang rapat0))..Warna glasir: seladon, putih, putih – biru (bawah glasir), coklat pekat – hitam, putih – coklat pekat/ hitam.

Enamel (atas glasir), berwarna merah – hijau (dominan) serta kuning (sedikit)

Pada bagian dasar / kaki wadah umumnya tidak berglasir (Sup)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button