DemakSosial

Selamatkan Alam, Tukar Botol Plastik Dengan Bibit Tanaman

Demak, dupanews.id – Sebanyak 1.200 bibit tanaman ludes dalam waktu kurang dari 2 jam. Warga rela antri didepan Dinas Lingkungan hidup kabupaten Demak untuk menukarkan botol plastik bekas dengan bibit yang diinginkan, Minggu (20/3/22).


Kegiatan tukar botol plastik dengan bibit mampu membangkitkan animo masyarakat untuk turut berpartisipasi menjaga lingkungan alam terbebas dari sampah plastik.
Ini dibuktikan dengan masih banyaknya warga yang datang dengan membawa botol plastik meskipun stok bibit sudah habis.

Menurut Sodik ketua Forum Demak Hijau ( FDH) kegiatan ini diselenggarakan selain untuk menyelamatkan lingkungan dari sampah plastik juga dalam rangka menyambut hari jadi kabupaten Demak ke- 519 dan HUT FDH ke 6 tahun.

” Untuk mekanisme penukaran botol kita tentukan ukuran dan bibitnya. 3 botol ukuran 600 ml ditukar 1 tanaman sayuran, 4 botol ditukar 1 tanaman bunga. Dan 3 botol ukuran 1,5 liter ditukar 1 bibit pohon, bila 4 botol ditukar 1 bibit buah” Jelas Sodik.

Ditambahkan sodik sampah botol plastik memiliki dampak buruk terhadap residu lingkungan. Sebab proses penguraian botol plastik bisa memakan waktu ratusan tahun bahkan ribuan tahun dan akan menjadi limbah berbahaya.
Untuk itu dirinya berinisiasi menggelar kegiatan tukar botol dengan bibit. Karena ingin memotivasi dan mengajak masyarakat untuk menyelamatkan alam dari sampah plastik dengan menggandeng dinas lingkungan hidup.

Agung Suwondo Subkor peningkatan kapasitas dari dinas lingkungan hidup juga menyampaikan botol plastik yang dibuang sembarangan disungai juga mampu mendatangkan banjir, sebab botol botol tersebut akan menyumbat saluran air.

” Ribuan botol yang sudah terkumpul ini akan disetorkan pada pengepul dan kedepanya akan dilakukan kerja sama dengan pihak lain yang memiliki mesin penghancur plastik” Kata Agung Suwondo.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button