JeparaKuliner

Tiga Kuliner Khas Jepara yang Ramai Pas Ramadhan

Jepara, Dupnews.id – bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah. Sebagian orang memanfaatkan bulan ramadan untuk mencari rezeki, salah satunya dengan berjualan takjil

Hal ini terlihat di sepanjang Jalan Kenari, Purwogondo, Kalinyamatan, Jepara. Dari jam 3 sore sampai menjelang magrib para penjual berjajaran menjajakan dagangannya.

Salah satu yang menjadi daya tarik kota jepara adalah kulinernya. Banyak kuliner khas yang sangat digandrungi masyarakat, terlebih saat ngabuburit atau menjelang berbuka puasa. Berikut tiga makanan khas jepara yang ramai pas bulan Ramadan.

1 Kolak

Kolak
Kolak


Siapa yang tak kenal makanan satu ini. Terbuat dari aneka singkong, pisang, dan lain-lain yang direbus dan dikuahi air santan dengan gula. Makanan ini sangat cocok untuk menu pembuka buka puasa.
Kolak biasanya berwarna kuning santan dengan rasa manis dari gula merah, sangat cocok dimakan ketika masih panas atau hangat

2 Es gempol pleret

Es gempol pleret
Es gempol pleret


Jika mendengar kata ini mungkin belum banyak orang yang paham. Es gempol pleret ini hampir sama dengan es kacang hijau, namun isinya adalah gempol dan pleret. Es ini sangat cocok untuk menghilangkan haus dan dahaga. Juga bisa untuk mengisi perut karena gempol terbuat dari tepung beras yang dibentuk bulat berwarna-warni.

3 Rondo royal

Rondo Royal
Rondo Royal


Rondo royal ini adalah makanan sejenis gorengan seperti mendowan dan pia-p, Rondo royal terbuat dari singkong yang dihaluskan, dibentuk bulat dengan diisi gula merah di dalamnya. Sebelum digoreng, rondo royal ini dilapisi tepung.
Rondo royal sangat nikmat disantap ketika baru selesai digoreng. Apalagi ketika suasana sedang dingin atau pas musim hujan. Cemilan ini juga pas sebagai menu pembuka di bulan ramadan.(Hs)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button