Kudus

Gereja Kayuapu, Salah Satu Gereja Tertua di Indonesia Dibangun 1864

Kudus, Dupanews.idGereja Injili di Tanah Jawa (GITJ) Kayuapu yang terletak Dukuh Kayuapu  Desa Gondangmanis Kecamatan Bae Kabupaten Kudus (Jawa Tengah) termasuk salah satu  gereja tertua di Indonesia.

Namun demikian sampai dengan menjelang perayaan Natal 2021 – tepatnya Selasa (21 /12/2021) belum /tidak  ditetapkan sebagai benda cagar budaya. Sesuai  undang undang (UU) nomor 5 tahun 1992 tentang Benda Cagar Budaya (BCB, yang kemudian diperbaruhi dengan UU nomor 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaaya.cagar budaya.

Cagar budaya adalah warisan budaya bersifat kebendaan berupa Benda Cagar Budaya , Bangunan Cagar Budaya, Struktur Cagar budaya, Situs Budaya dan kawasan cagar budaya di darat dan atau di air yang perlu dilestarikan keberadaannya, karena memiliki nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama dan atau kebudayaan melalui proses penetapan

GITJ Kayuapu  dibangun pada tahun 1864. Sedang Gereja Sion di Jalan Pangeran Jayakarta (Jakarta) dibagun pada tahun 1695.Gereja Blenduk – Semarang ( 1755) Gereja Kepanjen – Surabaya ( 1815), Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) Pagelaran Malang Jawa Timur (1817) ,  Gereja Imanuel – seberang stasiun Gambir Jakarta (1845), GKJW Mojolaban Jombang Jawa Timur ( 1879) dan Gereja Kristen Jawa (GKJ) Kiai Sadrach Soeropranoto Desa Langenrejo Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo (1871)

Bentuk bangunan GITJ Kayuapu mirip dengan GKJW Pagelaran Malang dan GKJW Mojolaban Jombang. Ditandai dengan banyaknya jendela yang berukuran besar/lebar. Begitu pula pintunya. Juga adanya bangunan samping yang berfungsi sebagai tempat lonceng gereja. Semula lonceng dioperasikan dengan menarik kabel/rantai (manual)- namun  diganti dengan elektrik. Dioperasikan setiap hari Minggu dan Kamis. Halamannya juga cukup luas, sehingga sebagian diantaranya “dipangkas” untuk lapangan tenis

GITJ Kayuapu,  merupakan persembahan dari Administratur pabrik gula (PG)  Tanjungmojo  Kecamatan Jekulo (Kudus) Selain pabrik gula Tanjungmojo di Kabupaten Kudus saat itu juga berdiri pula  Besito Kecamatan Gebog dan PG Rendeng Kecamatan Kota Kudus. Namun tinggal PG Rendeng yang hingga sekarang masih tetap berproduksi. “Beberapa tahun kemudian setelah didirikan, di samping belakang gereja dibangun sebuah poliklinik,.Namun sudah lama poliklinik tidak berfungsi” tutur Pendeta GITJ Kayuapu, Slamet  Suharyanto.

Selain itu GITJ Kayuapu, merupakan rangkaian sejarah kristenisasi Jawa, seperti yang ditulis C Guillot dalam bukunya setebal 243 halaman (cetakan pertama  1985) berjudul Kia Sadrach Riwayat Kristenisasi di Jawa, buku Sejarah Gereja Injili diTanah Jawa  tulisan Sigis Herusukotjo dan L Yoder (1979), Jemaaat Kayuapu abad ke-19 dan awal ke-20 (Pendeta Karmito) Sejarah GITJ ( Panitia Sarasehan Menelusuri Sejarah Gereja Kayuapu,  September 2002)

Sebelum bangunan gereja berdiri, menurut  C Guilot muncul Tunggul Wulung yang dilahirkan di Jepara awal abad XIX, dengan nama asli Ngabdullah Ada dua versi Tunggul Wulung  asal muasal ia masuk Kristen., tetapi yang pasti  ia datang ke rumah Jellesma di Mojowarno dan diberikan sebuah Kitab Perjanjian Baru.

Setelah itu sempat beberapa bulan tinggal di rumah Jellesma dan selanjutnya ke Semarang bertemu dengan penginjil  Bruckner, Hoezoo, Anthing dan  Jansz. Namun Jansz menolak membaptis, sehingga Tunggul Wulung kembali  Mojowarno. Menemui Jellesma, yang kemudian mengajari membaca, menulis, mengajarkan pokok-pokok agama Kristen dan akhir  dibaptis antara 1884 – 1855 dengan nama baptis Ibrahim.

Sejak itulah. Ibaratnya tanpa henti-hentinya  mengelilingi Pulau Jawa selama dua puluh tahun memperkenalkan agama Kristen, sehingga tercacat sebagai sejarah Kristenisasi.  Desa Bondo  Kecamatan Bangsri (Jepara) dan Kayuapu merupakan salah satu buktinya, yang hingga sekarang masih cukup banyak pemeluk agama Kristen. .

Era 1904 hingga 1921 sempat terjadi kekosongan  tenaga pelayanan di Kayuapu, sehingga untuk mengatasinya  ditempuh pelayanan jarak jauh  melalui misionaris berkebangsaan Rusia,  Nikolai Thiessen yang tinggal di Margorejo Lalu dilanjutkan  Johan Fast hingga  1928.

Periode 1929 – 1933  ditangani  Hermann Schmitt dan Gersom Baru  setelah itu, warga negara pribumi, dalam hal ini warga jemaat gereja Kayuapu sendri yang bernama  Radija Nitiardjo  mampu  memberikan pelayanan.

Lalu dilanjutkan Wigeno Mororedjo yang  bertugas hingga  Gereja Kayuapu  menjadi gereja mandiri  penuh  per 24 November 1940 dan pada  saat diselenggarakan pemilihan umum kali pertama di Indonesia,  jumlah jemaat yang telah dibaptis mencapai 65 dan ditambah  146 anak. Menjelang akhir 2008   total mencapai lebih dari 1.000 jiwa.

Selain itu, mengingat kondisi bangunan GITJ Kayuapu yang sudah uzur dan jumlah jemaat  terus meningkat, maka  dilakukan renovasi pada 2002. “ Semua tiang-tiang penyangga yang telah keropos diganti dengan  cor beton bertulang dan dilebarkan  ke kanan dan ke kiri. Namun bagian atas (kerangka) yang terbuat dari kayu jati ukuran besar masih cukup kuat sehingga tidak diganti. Bekas  poliklinik dimanfaatkan untuk kegiatan jemaat lanjut usia. Lalu membangun Sekolah Minggu 4 lokal, rumah pendeta, garasi , kantor dan sebagainya,” tambah Slamet Suharyanto..

Guna membiayai perawatan  bangunan, operasional, sarana, prasarana, GITJ Kayuapu ditopang dari 11 hektar lahan yang biasanya ditanami tebu (warisan misi Zending) dan persembahan warga.

Memiliki 13 kelompok pandonga dan setiap tahun baru menggelar tradisi undhuh-undhuh. Dan  sejak awal 2016, telah terbentuk Paguyuban Pemuda Dukuh Kayuapu (Papsika), yang tidak hanya melibatkan warga gereja ( umat Kristiani), namun juga melibatkan warga  Muslim, maupun warga yang beragama lainnnya. “Secarara umum, jika menghadapi  hari raya keagaaman. Seperti natal, tahun baru, idul fitri (lebaran) dan sebagainya melibatkan semua anggota Papsika.. Ini adalah satu upaya kami untuk “membumikan” tentang kerukunan umat beragama hingga saling menghargai  adanya perbedaan pendapat. “ tegas  Slamet Suharyanto.

Mennonit

Pendeta GITJ Sunan Muria Kudus, Herin Kahadi Jayanto, selaku  pengurus Sinode GITJ menjelaskan, Gereja Kayuapu maupun gereja lain yang berada di wilayah Kudus, Pati,Jepara atau lebih sering wilayah Muria, pada umumnya menganut aliran mennonit, yaitu sebuah gerakan Anabaptis era reformasi,dengan salah tokohnya Menno Simons.

Gereja Kayuapu yang semula dikenal sebagai Gereja Kristen Jawa Muria ini sudah  tercatat sebagai anggota Konferensi Mennonit Sedunia atau Mennonite World Conferenc sejak sekitar 1960.

Sedang  aliran mennonit sendiri secara ringkas diartikan  membaptis  atas dasar pengakuan iman seseorang yang telah dewasa. Namun pengertian secara luas, menekankan rahmat Allah dihayati dalam cara hidup yang baru  seperti ajaran Yesus Kristus.

Masing masing anggota gereja bertanggung jawab  bersama atas kehidupan dan pelayanan. Tidak tergantung pada  negara dan fasilitasnya untuk mengatur  soal iman. serta tidak memakai alat negara  untuk mencapai tujuan

Gereja Kristen  Jawa Muria ini akhirnya melebur diri menjadi Gereja Injili di Tanah Jawa (GITJ) sejak 1965, menyesuaikan  semangat gerakan kemerdekaan bangsa Indonesia  yang saat itu mengutamakan bahasa Indonesia serta  gereja Kristen Indonesia lainnya

Pada saat ini GITJ tidak hanya terdapat di seputar Muria saja, melainkan telah meluas ke Semarang , Lampung dan Jambi dengan jumlah  gereja 110 unit serta jumlah jemaat sekitar 65.000 jiwa (data tahun 2016).(sup) .

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button