Kuliner

Sate Madura Mbubunya “Mak Nyus”, Aromanya Merangsang

Kudus, Dupanews – Nyaris semua  daerah di Indonesia terdapat penjual “Sate Ayam Madura” (SAM). Ada yang menetap ada pula yang berjualan berkeliling dari kampung ke kampung. Te sate  te sate. SAM sangat terkenal dengan cita rasa yang sangat khas dan legendaris.

            Cita rasa itu dari bumbu kacangnya dan daging satenya juga terasa sangat empuk dan memiliki aroma yang sedap dan menggugah selera.

            Bumbu kacang terbuat dari kacang goreng yang ditumbuk hingga halus dan diolah dengan bumbu khusus. Sedang proses pembakarannya. Daging ayam yang sudah dipotong kemudian disunduki “lidi bambu” sepanjang sekitar 10 centimeter. Lalu   dicelupkan kedalam bumbu. Kemudian dipanggang di atas arang batok kelapa.

Pada saat pemanggangan sering kali sate tersebut diolesi dengan minyak ayam untuk memperkuat aroma. Selain itu ada juga yang menaburi arang dengan perasan jeruk limau agar sate tidak terlalu bau asap.Penyajiannya SAM ini biasanya  bersama dengan bumbu kacang, kecap, potongan lontong atau nasi , irisan jeruk nipis dan acar.

Sedang harga dan ukuran sate satu sama lain tidak sama. Dupanews punya langgana SAM  menjelang pertigaan arah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ngembalrejo. Potongan dagingnya lebih besar, dagingnya empuk dan rasanya tentu saja mak nyus. Harganya 15 tusuk dan tiga porsi nasi cuma Rp 50.000 saja. (sup)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button