PatiPemerintahan

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN PATI LUNCURKAN BUKU DATA STATISTIK SEKTORAL KABUPATEN PATI

Pati, Dupanews.id – Berdasarkan Peraturan Bupati Pati Nomor 91 Tahun 2019 Tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Pati Nomor 47 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Komunikasi Dan Informatika. Maka Pengelolaan Data Statistik Sektoral secara resmi di laksanakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika di Bidang Informasi Komunikasi Publik, dan sesuai amanat Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik pada pasal 12 ayat 1. Bahwa Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pati telah menyelenggarakan kegiatan Statistik sektoral secara mandiri dengan cara pengumpulan data melalui Kompilasi Produk Administrasi. Data tersebut disajikan dalam bentuk buku berjudul buku “Data Statistik Sektoral Kabupaten Pati 2021”.

Buku “Data Statistik Sektoral Kabupaten 2021” merupakan buku yang diterbitkan secara berkala oleh  Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pati. Buku ini menyajikan kompilasi produk administrasi dari Produsen Data (Perangkat Daerah Kabupaten Pati dan Instansi Vertikal seperti Kepolisian Resort Pati, Kementrian Agama, dan lain-lain). Data yang disajikan dalam buku “Data Statistik Sektoral Kabupaten Pati 2021” sebagian besar berupa data dan informasi Tahun 2020 dengan format dan cakupan yang hampir sama dengan publikasi tahun sebelumnya. Namun ada beberapa tabel yang disempurnakan berupa penambahan, pengurangan maupun perubahan format dengan tetap menjaga konsistensi data dengan tahun sebelumnya.

Dalam penyelenggaraan kegiatan statsitik pengumpulan data sudah mendapat rekondasi dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Pati selaku Pembina Data Statistik. Data-data yang ada dalam buku tersebut dapat digunakan dalam perencanaan dan evaluasi pembangunan di Kabupaten Pati. Buku tersebut bertujuan untuk memperkuat Sistem Statistik Nasional (SSN) sehingga setiap pengammbilan keputusan yang dilakukan oleh Pemerintah dapat mengacu kepada data-data yang tersedia dari seluruh Perangkat Daerah Kabupaten Pati.

baca juga : Bupati Kudus Targetkan Vaksinasi Di Kudus Capai 50 Persen

Tahun  2021 buku “ Data Statistik Sektoral Kabupaten Pati 2021”  ini dicetak terbatas, hal ini disebabkan karena keterbatasan anggaran yang tersedia. “ Tapi untuk file sofcopy dapat dibaca dan diunduh secara gratis pada link: https:// gagenda.patikab.go.id

Melalui kesempatan ini kami memberikan apresiasi dan ucapkan terima kasih yang tulus kepada Perangkat Daerah dan segenap instansi pemerintah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pati, yang telah berkenan menyampaikan data dan informasi hingga terwujudnya buku ini. Semoga kerjasama yang telah terbina selama ini, senantiasa dapat terus tingkatkan di masa mendatang.(Farida Rahmawati, S.Sos., M.Si, Kasi Pengelolaan Data Statistik Sektoral)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button