KudusSosial

Lewat Proklim, H.M Hartopo Targetkan Lingkungan Rahtawu Kembali Pulih

Kudus, dupanews.id – Keadaan lingkungan alam Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog dinilai sudah berubah. Seperti hawa dingin yang menyelimuti desa dan air yang biasanya dingin kini tak terlalu dingin. Kondisi tersebut perlu disikapi salah satunya dengan Program Kampung Iklim (Proklim).

Hal tersebut disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus, H.M Hartopo saat membuka acara Penguatan Program Kampung Iklim dan Penanaman di Balai Desa Rahtawu pada Selasa (23/03/2021).

baca juga : H.M. Hartopo : Meski Terkena Refokusing Anggaran, Pemkab Kudus Tetap Prioritaskan Hibah Sarpras Bagi Rumah Ibadah

Proklim sendiri sudah berjalan dan Hartopo minta agar terus disosialisasikan kepada masyarakat untuk menyelamatkan lingkungan.

Hartopo dalam sambutan Proklim di Rahtawu
Hartopo dalam sambutan Proklim di Rahtawu

Menurut Hartopo, biasanya saat ia berkunjung ke Rahtawu selalu memakai jaket untuk menutupi hawa dingin. Namun, kini kondisi hawa itu berbeda. Jangankan siang hari, malam hari pun tak perlu memakai jaket. Selain hawa, kondisi air di Rahtawu pun perlu diperhatikan.

“Saya yakin dengan Proklim, kondisi Rahtawu akan kembali normal seperti dulu,” katanya.

Lebih lanjut, Hartopo mengajak masyarakat terlibat langsung dalam memelihara lingkungan sekitar. Proklim tak akan sukses jika kesadaran masyarakat masih rendah dalam menjaga lingkungan.

Untuk menunjang program itu, Pemerintah Kabupaten Kudus menggandeng perusahaan dan perguruan tinggi. Bahkan ada perusahaan yang bersedia memilah sampah organik dan non-organik.

“Kedepan saya harap semua perusahaan bisa memilah sampah secara mandiri,” tambahnya.

Menurutnya, pengelolaan sampah akan terus disosialisasikan kepada masyarakat. Terlebih pemilahan sampah sangat penting untuk menjaga lingkungan.

Usai beri sambutan, Hartopo didampingi Wakil Ketua I TP PKK, Mawar Hartopo membuka Proklim di Rahtawu dengan menanam bibit pohon secara simbolis. Ia juga menyerahkan sertifikat apresiasi partisipasi Program Kampung Iklim Utama dan Madya dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). (Lim)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button