Sejarah

Salah Satu Sejarah Masjid Kuno Demak

Demak- Dupanews.id – Konon , dalam pembangunan masjid agung demak para wali dikisahkan mencari kayu untuk pembuatannya hingga di ujung selatan pulau jawa. hutan donoloyo kabupaten wonogiriKisah mistis hutan Jati Donoloyo Kecamatan Slogohimo Kabupaten Wonogiri sudah tersiar sejak jaman dahulu.

Sebuah hutan yang berada di Desa Watusomo Kecamatan Slogohimo yang terdiri dari ratusan pohon jati tua bahkan ada yang berumur 500 tahun.Dikisahkan jaman dahulu awal berkembangnya agama Islam di Jawa, para wali ingin mendirikan sebuah Masjid sebagai sentral untuk syiar agama.

Baca juga : Saiful Amri Mancing Ikan Dapat Keris dan Mata Tombak Jumlahnya 250, Diantaranya Jaman Mojopahit

Masjid ini berlokasi di Demak yang memang merupakan pusat dari berkembangnya agama Islam. Kemudian para wali mengutus Sunan Kalijaga ini mengembara mencari pohon yang akan digunakan sebagai tiang untuk mendirikan Masjid Agung ini.

Berkat kharomah Sang Sunan Kalijaga dapat melihat bayangan sebuah pohon besar yang sampai dapat dilihatnya dari Demak. Merasa bahwa bayangan ini berasal dari sebuah pohon besar yang sedang dicarinya maka Sunan Kalijaga mencari dari mana asal bayangan pohon ini.

Dalam pencariannya Sunan kalijaga akhirnya menuju arah selatan Jawa, hingga tiba disebuah hutan jati diseberang sungai. Disinilah Sunan Kalijaga beristirahat, dan mendirikan sebuah Masjid yang sekarang dikenal sebagai Masjid Tiban Wonokerso di Baturetno.


Sunan Kalijaga kemudian meneruskan perjalanan ke arah timur laut karena bayangan pohon yang dicarinya belum ketemu. Setelah beberapa waktu melakukan perjalanan, Sunan Kalijaga akhirnya sampai di hutan Jati Donoloyo. Disinilah ternyata asal muasal bayangan pohon yang bisa terlihat hingga ke wilayah Demak.
Dahulu kayu kayu yang di tebang di alirkan melalui sungai bengawan solo purba. (Suryo)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button