Pendidikan

Indonesia Terpih Kembali Menjadi Anggota FAO

Bogor –Dupanews.id – Indonesia terpilih menjadi anggota dewan Badan Pangan Dunia Food and Agriculture Organization (FAO) –  wakil kelompok regional Asia bersama 5 negara Asia ( Bangladesh, China, Jepang, Filipina, Korea Selatan).

Saat ini jumlah anggota FAO tercatat  49 anggota dengan komposisi perwakilan regional Afrika (12), Asia (9), Eropa (10), Amerika Latin dan Karibia (9), Near East (6), Amerika Utara (2) dan Southwest Pacific (1). 

Indonesia bergabung dengan FAO sejak tahun 1948 dan telah menjabat sebagai anggota Dewan FAO selama periode 1955-1964, 1967-2000, 2003-2014, 2015-2018, dan 2020-2021.

Menurut  Guru Besar Institut Pertanian Bogor ( IPB), Profesor Muhamad Firdaus  terpilihnya Indonesia sebagai Anggota Dewan pada Badan Pangan Dunia atau Food and Agriculture Organization (FAO) mewakili Asia adalah prestasi yang luar biasa, sekaligus kebanggaan bagi bangsa Indonesia.

“Menurut saya suatu prestasi dan kebanggaan bagi Indonesia, karena kita dalam sejarahnya pernah punya posisi yang sangat penting ini. Namun sudah lama sekali, yaitu pada zaman Orba (Orde Baru),” ujarnya di Bogor Rabu, 23 Juni 2021.

Dengan posisi tersebut maka ke depan, Indonesia berpeluang besar memberi masukan kongkrit dalam mengembangkan pertanian global. Pada sisi lain, Indonesia juga bisa berkontribusi langsung pada aspek perbaikan data pertanian. Seperti  metode pengukuran food waste, inovasi pertanian rakyat, dan berbagai lesson learned, serta show cases yang sudah ada di Indonesia dalam digitalisasi pertanian.(Sintani/ Sup)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button