Kudus

Disnakerperinkop UMKM Kudus Telah Gelar Pelatihan Kerja bersumber dari DBHCHT

Kudus, Dupanews.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus telah menggelar pelatihan keterampilan bagi kalangan buruh rokok. Pelatihan keterampilan tersebut bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (DBHCHT) dengan total anggaran sebesar Rp 16,1 miliar.

Bupati Kudus HM Hartopo menyampaikan pelatihan keterampilan itu menyasar buruh rokok, buruh rokok utamanya yang kena PHK, dan masyarakat lain yang ditetapkan oleh pemerintah sebagaimana diamanatkan dalam PMK Nomor 215 Tahun 2021.

“Dengan pelatihan ini diharapkan menjadi sarana bagi masyarakat Kudus utamanya buruh rokok yang menjadi korban PHK, untuk memiliki kesempatan membuka lapangan kerja baru,”kata Bupati.

Sementara itu Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi dan UKM (Disnakerperinkop dan UKM) Kudus, Rini Kartika Hadi Ahmawati mengatakan, selain pelatihan yang memanfaatkan Anggaran DBHCHT, pihaknya juga melaksanakan pelatihan dari yang menggunakan dana di luar DBHCHT.

Pelatihan yang di selenggarakan di antaranya adalah menjahit, tata boga, dan barista “ujar Rini. menurutnya, lama pelatihan bergantung dari jenis  pelatihan yang di ambil, untuk barista pelatihannya dua pekan, menjahit satu bulan, dan tata boga tujuh hari. 

Dia mengatakan yang dianggatkan dari dana APBN ini di tujukan peserta untuk umum, terutama bagi mereka pencari kerja, tujuannya, untuk membekali masyarakat dengan ketrampilan yang di perlukan 

 Dia menambahkan “Tujuannya agar saat masuk dunia kerja mereka suah mempunyai bekal  yang sesuai dengab ketrampikan masing masing jika tidak masuk perusahaan ,keterampilan itu bisa mereka gunakan  untuk  berwira usaha” tutur Rini Dia berharap dengan,  dengan adanya pelatihan bagi para pencari kerja. Kudus mampu menekan tinggkat pengangguran selain itu juga mapu meciptakan wira usaha baru .

“harapannya dengan adanya pelatihan  pengangguran di Kudus semakin rendah, serta bisa meningkatakan pendapatan dari sisi ekonomi, saat peserta pelatihan berwira usaha “  harapnya,

Dia mengatakan pelatihan yang bersumber dari dana APBN di tahun 2022 ada empat tahap, tahap satu sedang berjalan, sedang tahap lainnya  akan menyusul  Selai pelatihan yang bersumber dari APBN, pihaknya juga akan mengadakan dari sumber lainnya, di antaranya dari Dana Bagi Hasil Cukai dab Hasil Tembakau (f. Zoen)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button