Nasional

Pertanian Penting dan Strategis

Jakarta, Dupanews.id – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL)  menegaskan pertanian  menjadi penting dan  sangat stategis bagi Indonesia. Dan kemajuan sebuah daerah, kabupaten, provi Indondiansi bahkan kemanjuan nasioanl sangat ditentukan  akselerasi pertanian yang mampu dioptimalkan untuk lebih kuat karna hal ini turut menandai kekuatan seaut Bangsa. 

Indonesia  adalah negara agraris dengan sumber daya alam yang melimpah mulai dari pantai, dataran rendah maupun dataran tinggi yang bisa menjadi resource yang bisa dimanfaatkan anak bangsa,” ujar Mentan SYL saat memberikan arahan dalam pembukaan acara peringatan Hari Tani Nasional 2020 di Gedung Pusat Informasi Agribisnis (PIA) pada Kamis(24/09/20).

Menurut SYL  pertanian Indonesia bisa menyumbang hasil kinerja yang lebih dari capaian yang sudah ada selama ini. Pertanian menjadi pilar utama Negara dimana Negara bisa kuat jika lahir kekuatan ekonomi yang baik dan ekonomi yang baik ditandai dengan pertanian yang maju. “Saat ini negara negara maju di dunia sudah mulai kembali bertani. Apalagi kita memang negara agraris, negara pertanian sehingga sektor ini menjadi bagian penting,” ucapnya.

SYL menambahkan pihaknya terus mendorong juga petani muda atau kaum millenial bahwa pertanian itu menjanjikan kehidupan. Pertanian kini sudah bertransformasi dengan berbagai teknologi, mekanisasi yang akan terus ditingkatkan sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo dimana sektor pertanian harus berinovasi dengan berbagai akselerasi dibidang pertanian.

Baca Juga : Hari Tani Nasional : Usul Pertanian Presisi

“Saat ini sektor Pertanian mampu tumbuh positif dari lima sektor penyumbang ekonomi nasional lainnya. Disaat ekonomi Indonesia mengalami kontraksi 5,3 persen. Pertanian menjadi satu – satunya sektor yang mengalami pertumbuhan 2,19 persen (year on year),” tuturnya.

Berdasarkan data BPS, Pada Agustus 2020, Nilai Tukar Petani (NTP)mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Yakni sebesar 100,65 atau 0,56 persen (m to m). Kenaikan juga terjadi pada Nilai Tukar Usaha Pertanian (NTUP) Agustus 2020 sebesar 100,84 atau naik 0,31 persen (m to m). Baik NTP maupun NTUP pada Januari-Agustus secara keseluruhan terus membaik, yaitu berada di angka 101,21.

Dalam acara tersebut, Kementan juga turut melakukan MoU dengan Bukalapak dalam rangka pemanfaatan aplikasi toko Tani online. Pengembangan pasar konstratani hingga program pemberdayaan 500.000 petani dan perempuan Petani Indonesia tentang covid-19. Melalui kerjasama dengan PT Bayer Indonesia dan Mercy Corps Indonesia. (Sup)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button