Manca NegaraWisata,

Hydrangea Bunga Cantik dan Legenda di Jepang

Tokyo,Dupanews.id Pada saat musim panas di sepanjang bulan Juni ini di Jepang tersaji, bunga Hydrangea atau Hortensia atau Ajisai  dan bunga Hanashobu ( Bunga Iris) – tanaman legenda di negara Matahari Terbit ini. Khusus untuk bunga Hydrangea disebut sebut tercantik di duia Selain menarik perhatian bagi warganya sendiri tentu juga untuk wisatawam

Menikmati ‘Ajisai’ (Hydrangea) dan ‘Hanashobu’ (Bunga Iris Jepang), bisa dilakukan di .

Asukayama Park:  Taman ini terkenal sebagai tempat  populer dengan bunga sakuranya sejak zaman kuno, tetapi pada bulan Juni, bunga ajisai  bermekaran dengan indahnya. Sebanyak 1.300 tanaman ajisai ditanam di sepanjang jalan kecil bernama ‘Asuka no Komichi’ yang berada di sepanjang jalur stasiun JR Oji, di sebelah timur Asukayama Park.

Selain itu, di Asukayama Park juga terdapat museum yang mengenalkan tentang alam. Sejarah dan budaya dari distrik utara, dan juga terdapat sebuah museum tentang kertas.

Tercatat 10.000 bunga ajisai dengan sekitar 150 jenis seperti yama-ajisai (hydrangea serrata), amacha (hydrangea macrophylla), blue sky, june bride dan lainnya  bermekaran di Ajisai-en (taman bunga ajisai) yang berada di area sebelah utara bagian dalam taman. Pada pukul 17.00 hingga pukul 19.30, saat hari Sabtu dan Minggu pada bulan Juni,  dilengkapi dengan ‘Ajisai Night’ yang menerangi Ajisai-en. *Akan dibatalkan jika terjadi hujan.

Kuil Hakusan

Kuil Hakusan di distrik Bunkyo terdapat bunga ajisai sekitar 3.000 tanaman. Mulai awal hingga pertengahan bulan Juni  diselenggarakan festival bunga ajisai  Selain itu  ada stan makanan dan minuman,

Seperti stan  menjual tanaman ajisai dalam pot dan stan makanan ringan, pada hari Sabtu dan Minggu  juga  diadakan berbagai acara seperti konser mini. Kuil Hakusan dikenal dengan kepercayaan menyembuhkan sakit gigi,

Koshikawa Korakuaen Garden.

Koshikawa Korakuaen Garden merupakan taman khas Jepang yang dibangun Tokugawa Yorifusa, salah satu daimyo (penguasa feodal) utama pada zaman Edo (tahun 1603 – tahun 1868). Selesai pada generasi Tokugawa Mitsukuni yaitu anak dari Yorifusa.

Saat ini telah menjadi taman metropolitan yang dikelola  Tokyo. Di taman seluas kira-kira 70.000 meter persegi ini terdapat 700 tanaman. Seputar jalan yang terbuat dari kayu disebelahnya terdapat Tokyo Dome lapangan bisbol beratap pertama di Jepang.

Koiwa Shobue

taman shobuen (taman bunga iris Jepang) yang berada di dataran  sungai Edogawa yang mengalir melalui distrik Edogawa. Sekitar 50.000 bunga iris Jepang bermekaran seluruhnya mulai akhir bulan Mei hingga bulan Juni

Distrik Edogawa dilengkapi dengan taman dengan gaya stroll garden agar dapat dinikmati dengan santai khususnya menikmati hanashobu yang merupakan sumbangan dari warga setempat. Taman bergaya stroll garden adalah salah satu bentuk taman khas Jepang. Merupakan taman yang dapat dinikmati keindahannya dengan berjalan-jalan di dalam taman.

 Hydrangea  Warnanya Bisa Diatur Sendiri.

Merupakan tanaman hias yang berasal dari Jepang, Himalaya, Tiongkok, Indonesia, serta Amerika Selatan dan Amerika Utara. Tumbuh subur di daerah dataran tinggi, mulai dari ketinggian 500 hingga 1.500 m di bawah permukaan laut.

di Indonesia, bunga Hortensia atau kembang bokor lebih banyak dibudidayakan sebagai bunga potong dan tanaman hias bunga di pekarangan atau di taman-taman.

Tak banyak yang tahu ternyata bunga cantik ini juga memiliki banyak keistimewaan. Antara lain Warna Bisa Diubah Sendiri sesuai pH (keasaman tanah). Warna Bunga Hortensia dapat berubah warna (kecuali hydrangea putih). Saat pH tanah berada di 4,5-5,5 (asam) bunganya akan berwarna biru.. Bunga ini juga bisa berwarna merah muda, biru, lavendel, atau campuran merah muda dan biru.

Sementara, jika pH tanah 6,0-7,0, bunganya akan berwarna merah muda. Selain itu warna biru dapat berubah menjadi merah muda dengan menambah tingkat keasaman tanah. Caranya dengan menambahkan bubuk kopi, kulit jeruk atau kerak telur.( dari berbagai sumber/Sup)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button