Kudus

Komputer Lawan Sogokan di Arena Ujian  Perangkat Desa

Kudus, Dupanews.id – Meski pelaksanaan ujian perangkat desa secara serentak di Kabupaten Kudus baru akan berlangsung Selasa 13 Desember 2022, tetapi gaung- aroma yang menyangkut “titipan nama” hingga  “sogokan” yang besarnya  ratusan juta rupiah sudah menggema. Konon bakal terjadi pesta uang di arena ini.”Mudah ditengarai Pak. Bila calon yang lulus hanya berpendidikan rendah dan calon tidak lulus berpendidikan tinggi.” ujar sejumlah warga yang ditemui secara terpisah, Selasa (27/9/2022).

Sebab calon yang lulus dan hanya berpendidikan tinggi tersebut, telah memiliki kunci jawaban dari materi soal yang akan disajikan. Untuk memperoleh kunci tersebut, maka sejak dini calon yang bersangkutan lebih dahulu mendekati oknum terkait. Lalu muncul kesepakatan dan sekaligus nilai rupiahnya. Dalam bentuk tunai atau tahapan. Kami memang tidak punya bukti hitam putih Pak. Tapi acuannya pada ujian ujian yang telah diselenggarakan sebelum tahun 2022. Dan terutama menyangkut lowongan jabatan  sekretaris desa (Sekdes) atau carik desa,” tambah warga yang meminta untuk tidak disebut identitasnya.

Berdasarkan data yang dihimpun  pihak Pemkab Kudus sudah berusaha keras untuk menghindari kemungkinan bakal terjadinya hal hal tidak diinginkan. Salah satu diantara menyangkut pengoperasian Computer Assisted Test (CAT). Suatu metode seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar Perangkat Desa.

Dan Lembar Jawaban Komputer ( LJK ), yaitu kertas khusus yang biasa digunakan untuk input data melalui perangkat seperti Optical Mark Reader (OMR) . OMR adalah sebuah teknologi elektronik yang dapat mengambil data dari daerah yang diberi tanda seperti checklist dan lingkaran hitam dari kertas khusus LJK…

Terbanyak dari Dawe

Adapun lowongan  jabatan perangkat desa- khususnya  sekretaris desa (Sekdes) atau carik desa,terbanyak  di wilayah Kecamatan Dawe. Yaitu sebanyak 15 orang, yang tersebar di Desa Japan, Dukuh Waringin, Kuwukan, Kajar, Ternadi, Soco,Puyoh, Piji, Lau, Tergo, Glagah Kulon, Kandangmas, Rejosari, Margorejo dan Cendono.

Terbanyak kedua Kecamatan Kota Kudus sebanyak 11 desa/kota. Meliputi :Mlati Lor, Nganguk, Kramat, Demaan, Kauman, Damaran, Krandon, Singoncandi, Glantengan, Burikan dan Rendeng.

Disusul Kecamatan Gebog (10 desa) – Klumpit, Getasrabi, Padurenan, Karangmalang, Besito, Jurang, Gondosari, Kedungsari, Menawan dan Rahtawu.

Lalu Kecamatan Mejobo (10 desa), Gulang, Jepang, Payaman, Kirig, Temulus, Kesambi, Jojo, Hadiwarno, Mejobo dan Tenggeles.

Kecamatan Undaan (9)- Wonosoco, Lambangan, Medini, Sambung, Undaan Kidul, Karangrowo, Ngenplak, Terangmas dan Berugenjang

Kecamatan Jekulo (7) : Bulung Cangkring, Bulung Kulon, Gondoharum, Pladen, Jekulo, Honggosoco dan Tanjungrejo.

Kecamatan Jati (5) – Jati Wetan, Getaspejaten, Loram Wetan, Ngembal Kulon dan Tumpangkrasak dan di Kecamatan Kaliwungu (4) – Garung Kidul, Kedungdowo, Garung Lor, Kaliwungu(Sup)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button