EkonomiPemerintahan

Lomba UP2K, Upaya Dongkrak Ekonomi Ketika Pandemi

KUDUS, dupanews.id – Sebagai upaya untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, Pemerintah kabupaten Kudus mengadakan Lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K). Meskipun tahun ini digelar daring, tak menyurutkan semangat dan antusias warga.

Lomba ini dirancang untuk berinovasi mengembangkan produk ketika masa pandemi. Kegiatan ini dibuka oleh Ketua TP PKK Kabupaten Kudus, Mawar Hartopo, beserta tiga juri dari OPD terkait dan diikuti peserta UP2K dari sembilan kecamatan, Rabu (28/7).

Pada kesempatan itu, Mawar Hartopo menyampaikan bahwa UP2K-PKK berkaitan erat dengan 10 Program Pokok PKK dalam peningkatan kesejahteraan keluarga. Maka dari itu, pihaknya hadir sebagai pendamping bagi para pelaku usaha berskala rumah tangga. Pasalnya banyak produk-produk unggulan yang sulit menembus pasar luar daerah karena belum mempunyai perizinan Produk Industri Rumah Tangga (PIRT).

“Kalau sudah berizin maka produk dapat dipasarkan lebih luas, bisa naik level dan dipasarkan sempai ke luar daerah,” ujar Mawar

Lebih lanjut, kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai sarana evaluasi dan bertukar pikiran dalam mengoptimalkan mutu serta kualitas produk. Peserta terbaik akan diumumkan bulan depan, dan akan maju mewakili Kabupaten Kudus dalam lomba UP2K tingkat provinsi.

“Sebagaimana upaya meningkatkan usaha yang selama ini telah dilakukan oleh kader-kader PKK biar dapat berjalan secara maksimal,” sambungnya.

Kedepan, Mawar Hartopo mendorong UP2K beserta para pelaku usaha supaya terus berinovasi dan mengembangkan produk-produk lokal. Mawar optimis produk unggulan lokal mampu naik level ke pasar nasional, jika dikemas secara menarik dan dilengkapi izin.

“Terutama untuk produk makanan instan home industri pasti naik level dan menarik konsumen jika kemasannya bagus, dilengkapi PIRT,” tandasnya. (Hs)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button