Kudus

4 Puskesmas di Kudus Mulai Direnovasi, Tanpa Papan Nama Proyek

Kudus, Dupanews.id – Empat Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Kudus mulai direnovasi. Setelah ditetapkannya pemenang proyek. Namun sampai dengan Jumat (30/9/2022), tiga diantaranya tidak/belum ada papan nama proyek, yaitu Puskesmas Rejosari, Rendeng dan Sidorekso. Pemasangan papan nama proyek antara lain mengacu pada peraturan Menteri Pekerjaan Umum nomor 29/PRT/M/2006 tentang pedoman persyaratan teknis bangunan gedung.

Oleh karena tidak ada papan nama proyek, maka tidak diketahui tentang obyek pekerjaan, nama rekanan/pemborong/investor, nama konsultan  teknik, konsultan perencana, jumlah biaya dan sebagainya. “Belum jadi Pak. Baru dibuat.  Pemborongnya dari Kulonprogo . Saya sendiri yang ditunjuk sebagai pengawas. Saya dari Purwodadi” tutur seorang pemuda yang tidak bersedia disebut identisanya di komplek Puskesmas Sidorekso, Kamis ( 29/9/2022).

Ia menambahkan,  bangunan yang dipugar adalah  ruang pertemuan dan ruang rawat inap.  Dengan catatan seluruh tembok bangunan tidak diganti. Hanya plafon dan atapnya yang diganti baru. Dana yang disediakan tercatat Rp 2,2 miliar, tapi nilai kontraknya “hanya” Rp1,7 miliar.

Sedang kondisi renovasi Puskesmas Rejosari, saat ini yang terlihat adalah puluhan batang besi yang telah dirakit dan  dipasang di bagian atas bangunan lama. Dengan nilai kontrak Rp 1,2 miliar. Dan di Puskesams Rendeng Kota Kudus nilai kontraknya tercatat Rp 1,3 miliar.

Adapun kondisi gedung Puskesmas yang berada di belakang komplek asrama/perumahan polisi , seluruh atas telah diturunkan. Lalu terlihat tumpukan puluhan batang besi dan semen.(Sup)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button